Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Peluang Pemain Lokal Peroleh Akreditasi International

Kompas.com - 21/04/2010, 11:34 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Tren perkembangan sektor properti global menghadapi persoalan yang semakin komplek pada era masa depan. Tantangan dan persoalan yang dihadapi para pemangku kepentingan di industri properti akan semakin dinamis seiring meningkatnya kebutuhan serta perubahan keinginan pasar.

Di tengah tekanan dan tantangan pasar tersebut, keberadaan Federasi Real Estate International (FIABCI) University, sebuah lembaga pendidikan profesional di bidang real estat dan properti, akan membantu para pelaku industri dalam memahami perkembangan industri. FIABCI University hadir dan membantu ribuan praktisi di sektor properti dalam memahami dinamika industri selama tiga dekade lewat program yang ditawarkan.

Kehadiran FIABCI University memberikan manfaat positif bagi para anggotanya melalui berbagi pengetahuan, informasi, dan kontak di tingkat nasional, regional, maupun internasional. FIABCI University menjadi model pendidikan praktis yang mampu memberikan kontribusi luar biasa bagi perkembangan industri properti," kata Ketua FIABCI University, Ir. Ignesjz Kemalawarta, MBA, Rabu.

Program kurikulum FIABCI University dirancang sesuai dengan kebutuhan dan kepentingan para siswa. Selain itu yang tak kalah penting yakni pengetahuan yang diperoleh dari program pendidikan di FIABCI University berpotensi untuk meningkatkan transaksi bisnis.

Penyelenggaraan Kongres Dunia FIABCI ke-61 di Bali, menjadi momentum untuk mendirikan FIABCI University di Indonesia. Untuk mendirikan FIABCI University di Indonesia, lanjutnya, membutuhkan sejumlah persyaratan standar, termasuk mengajukan inisiatif kepada program direktur selama kongres tanggal 24-28 Mei 2010.

Ignesjz menambahkan bahwa selama kongres tersebut, FIABCI University akan mengadakan kursus singkat dengan modul berjudul "National and International Real Estate Skills, with International Buyers, Users, and Investors.”.

Kursus ini dirancang khusus dengan mengkombinasikan potensi lokal, dengan tema utama “Peluang investasi real estat di Indonesia, Potensi, Situasi, dan Tantangan.” Selain itu, kursus ini juga diharapkan sebagai pedoman bagi para developer yang berencana akan melebarkan sayap ke pasar luar negeri atau bekerjasama dengan investor asing mencari peluang investasi di Indonesia sekaligus mengantisipasi akan terbukanya keran pemilikan asing untuk property di Indonesia

Dijadwalkan berlangsung tanggal 26 Mei, kursus ini terdiri dari dua sesi yang disampaikan oleh pelaku properti terkemuka, termasuk Ciputra. Kursus ini terbuka tidak hanya bagi para profesional real estat, tetapi juga non-praktisi tentang subjek ini.

Penyelenggaraan program FIABCI University di kongres Bali menjadi langkah maju menuju pembentukan FIABCI University di Indonesia. Indonesia memiliki beberapa institusi perguruan lebih yang terkemuka seperti Universitas Tarumanegara di Jakarta dan Universitas Kristen Petra di Surabaya. Mereka sangat potensial menjadi mitra untuk FIABCI University.

Keberadaaan FIABCI University di Indonesia akan memberikan manfaat berharga bagi para praktisi dan perkembangan industri properti nasional. Pada dasarnya, dengan adanya FIABCI University di Indonesia, para praktisi atau siswa yang ingin belajar properti tidak perlu pergi ke FIABCI University di Paris.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com