Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Lahan Sempit pun Bisa Jadi Taman Rumah nan Cantik

Kompas.com - 21/04/2010, 10:20 WIB

KOMPAS.com -  Jangan biarkan lorong samping rumah sekadar jadi jalur lalu lalang. Manfaatkan, yuk, jadi taman rumah nan indah.

Lorong samping, sebagai akses menuju bagian belakang rumah, ternyata bisa jadi area cantik. Bahkan di sana bisa menjadi pusat daya tarik rumah secara keseluruhan. Betapa tidak! Lahan terbatas itu dijadikan taman simpel yang menarik, bahkan dengan kolam ikan yang dihiasi dinding artifisial.

Taman samping di rumah Yusuf Ibrahim dan Dewi Fajar ini berukuran 6 m x 2 m. Untuk menyiasati lahan minim, Dewi menempatkan aneka tanaman di dalam pot. Karenanya, ada sebagian lahan yang tetap untuk area sirkulasi orang dan area duduk dengan lantai keramik.

Bukan cuma tanaman dalam pot yang mengisi taman itu. Daya tarik lain adalah kolam ikan dengan dinding artifisial. Dari dinding ini mengalir air, menyerupai tebing-tebing di area air terjun. Yusup memang menyukai air, di samping itu karena unsur air memberi kesegaran dan suara alami.

Untuk mendapatkan taman yang indah ini rupanya tidak asal jadi. Dewi mengaku beberapa kali ganti-pasang tanaman. “Saya coba-coba. Saya tanam satu tanaman, tapi jika saya rasa tak sesuai, ya saya ganti lagi. Tapi semua tanaman yang ada tak mahal-mahal. Paling yang bonsai keluarga cemara itu,” ungkapnya.

Anda juga punya lorong di samping rumah? Ide ini layak dicoba!  (Johny H. Kakiay/iDEA)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com