Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Asrinya Taman Rumah Bergaya Country

Kompas.com - 20/04/2010, 18:25 WIB

KOMPAS.com -  Area luar tidak melulu berupa area hijau atau jajaran pepohonan. Harus ada jalur sirkulasi untuk merawat tanaman, yang didesain agar tidak mengganggu dan tidak merusak taman.

Coba lihat taman bergaya country ini. Di antara hijaunya tanaman dan pepohonan terdapat hamparan koral selebar 60cm, yang mengiringi kita untuk menuju pintu rumah. Di antara taburan koral itu terdapat pijakan-pijakan unik berbentuk hati, yang di bagian atasnya dilapisi susunan kepingan-kepingan keramik berbagai warna. Pijakan yang berjarak 1,5m itu membantu mengarahkan tamu menikmati taman.

Elemen pelengkap yang mengingatkan kita pada taman di masa lalu adalah bangku taman dan aksesori-aksesori berunsur retro. Antara lain, hiasan kap lampu, nomor rumah, lantai mozaik, dan handrail atau pegangan di samping dinding untuk membantu menuntun jalan di tangga.

Suasana retro itu diperkuat oleh penggunaan dinding bata sebagai fasad hunian. Menariknya, batu bata yang digunakan berwarna oranye dengan gradasi berbeda. Nat antarbatu-bata berwarna abu-abu demi menonjolkan warna oranye. Juga membuatnya tampak lebih hidup. Pemberian warna putih pada kusen jendela dan pintu menjadikan keseluruhan elemen pembentuk suasana ruang luar itu saling mendukung dan tampil cantik.

Pagar, sebagai pembatas dengan area publik, juga berwarna putih. Pagar ini terbuat dari besi, namun mendapat finishing seolah mirip pagar kayu. Tingginya hanya 115 cm, membuat keindahan taman benar-benar dapat dinikmati oleh siapa pun yang melintas. (Yuri Eldhiyanti/ iDEA)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com