Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Dua Belas Taman Kota di Jakarta Selatan Bebas PKL

Kompas.com - 07/04/2010, 21:13 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Untuk menciptakan kondisi taman yang bersih dan nyaman, Suku Dinas (Sudin) Pertamanan Jakarta Selatan berencana menertibkan keberadaan PKL yang kerap mangkal di 12 taman kota yang ada di Jakarta Selatan. Selama ini ke-12 taman itu menjadi tujuan favorit warga untuk melakukan interaksi sosial.

Kepala Sudin Pertamanan Jakarta Selatan Heru Bambang Ermanto menuturkan, ke-12 taman kota yang akan dijadikan sasaran operasi penertiban. Di antaranya, Taman Hanglekir, Taman Brawijaya, Taman Timah, Taman Maluku, Taman TB Simatupang, Taman Ayodya, Taman Jayakarta, Taman Tangkuban Perahu.

"Taman kota menjadi salah satu tempat favorit PKL untuk melakukan aktivitasnya. Di Jakarta Selatan kami selalu mengadakan operasi rutin untuk menertibkan para PKL ini, “ujar Heru Bambang Ermanto, Rabu (7/4).

 Di samping menertibkan PKL di taman, pihaknya juga mulai memperbaiki kembali kondisi fisik taman kota yang rusak, seperti pada bangku taman, pagar pembatas, serta lokasi tempat bermain anak yang terdapat di dalam taman tersebut. “Peran serta masyarakat dalam menjaga taman kota sangat diperlukan,” jelas Heru.

Ia mengakui, lemahnya penjagaan terhadap taman-taman yang ada saat ini, disebabkan keterbatasan petugas Dinas Pertamanan. Pengawasan taman yang optimal baru dapat dilakukan di Taman Ayodya, karena taman yang berada di kawasan Kebayoran Baru itu merupakan taman percontohan yang dimiliki Pemprov DKI Jakarta. “Ada lima orang penjaga yang disiapkan dan sesuai shift. Untuk taman lainnya kami belum bisa sediakan karena minimnya jumlah petugas," katanya. (Sumber: beritajakarta.com)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com