Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
KONSULTASI FENGSUILinda Kho
Linda Kho, belajar feng shui secara otodidak mulai tahun 2002. Lalu belajar feng shui dari Master Vincent Koh (Singapura).

Bolehkah Ruang Keluarga Di Bawah Kamar Mandi?

Kompas.com - 27/03/2010, 14:02 WIB

Tanya
Saya kelahiran 7 Juli 1981. Saya ingin bertanya, apabila di atas ruang keluarga ada kamar mandi, boleh atau tidak? Kalau diatas kamar tidur ada kamar mandi bagaimana? Bagaimana solusinya? Saat ini rumah yang saya tinggali menghadap ke selatan, apakah cocok untuk saya? Arah mana yang cocok untuk saya? Atas jawabannya, saya ucapkan terima kasih yang sebanyak-banyaknya.
lionochan@yahoo.com

Linda Kho menjawab
Letak kamar mandi/wc yang baik adalah yang segaris.  Dalam arti, atas kamar mandi, bawahnya juga kamar mandi. Ruang keluarga di bawah kamar mandi masih bisa ditolerir. Akan tetapi, tidak demikian untuk kamar tidur, ruang makan, dan dapur (kompor). Solusi yang terbaik adalah memindahkannya. Namun jika belum memungkinkan, pastikan saja, lubang kloset tidak persis di atas kepala (ranjang), kompor, dan meja makan. selain itu, di manapun letaknya, tidak boleh ada kebocoran (kamar mandi/ wc), karena energi qi (baca: chi), rusak.

Jika hanya mempertimbangkan tahun kelahiran anda (angka Kua), maka rumah menghadap Selatan sudah tepat. perhatikan saja di lingkungan sekitar tidak ada gangguan yang berarti.

Tanya
Dear Ibu Linda,
Saya mau bertanya, rumah kami menghadap timur dengan menghadap ke tebing. Rumah ini dibangun pada tahun 2005 dengan letak kamar mandi di ujung barat bagian selatan. Saya lahir 23 Oktober 1974 dan istri 15 April 1974. Bagaimanakah pengaruhnya terhadap rezeki dan kehidupan kami. Terima kasih atas jawabannya.
Salam, Thomas Siwicaksono

Linda Kho menjawab
Rumah Anda menghadap ke tebing, perlu anda periksa jarak dari rumah dengan jurang/ tebing, serta seberapa tinggi tebing tersebut. Rumah yang menghadap Timur (tepat), dan dibangun antara tahun 2004-2024, memiliki bintang ganda 8 di bagian belakang. itu artinya, keharmonisan dan kesehatan penghuni sangat baik, tapi kemakmuran (keberuntungan finansial) terganggu, terlebih jika pintu utama terletak di sektor Tenggara (menghadap Timur, bagian Selatan). letak kamar mandi di sektor Barat Daya tidak masalah. Salam

Tanya
Saya ingin tanya, saya lahir 19 Mei 1978, Istri 11 Oktober 1979, kami tinggal di Rumah orang tua dengan menghadap selatan. Apakah saya cocok tinggal di rumah tersebut, rumah di daerah Cipete...
Dodo

Linda Kho menjawab
Berdasarkan tahun kelahiran anda, anda berkua 4, dan isteri ber-kua 3. Ini berarti anda berdua termasuk orang kelompok Timur. Arah hadap yang baik untuk orang kelompok Timur adalah: Timur, Tenggara, Selatan, Utara. Demikian jawaban yang bisa diberikan.

 

Linda Kho
http://www.fengshuikita.com

Linda Kho, pakar feng shui, tinggal di Salatiga, Jawa Tengah. Linda belajar feng shui secara otodidak mulai tahun 2002. Kemudian pada tahun 2005, Linda belajar feng shui dari Master Vincent Koh (Singapura) di Singapore Polytechnic. Dan pada tahun 2007, Linda memperdalam ilmu feng shui dari Grandmaster Raymond Lo (Hongkong).

Catatan: semua pertanyaan tentang fengshui, dikirim ke email properti@kompas.com

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com