Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jasa Marga Bakal Bangun 250 Km Jalan Tol Baru

Kompas.com - 07/03/2010, 14:54 WIB

BANDUNG, KOMPAS.com — PT Jasa Marga menginvestasikan dana Rp 250 triliun untuk pembangunan jalan tol baru. Rencananya, ruas jalan baru ini akan banyak dibangun di Pulau Jawa. Dengan begitu, Jasa Marga menargetkan bisa membangun 250 kilometer jalan tol baru. Sebelumnya, 530 kilometer jalan tol sudah dibangun.

Direktur Utama PT Jasa Marga Frans S Sunito mengungkapkan, PT Jasa Marga akan segera merealisasikan 250 km jalan tol baru di Indonesia. Lebih kurang 150 km di antaranya merupakan jalan tol Trans-Jawa. "Dalam tiga atau empat tahun ke depan, Indonesia akan memiliki 750 km jalan tol," ujarnya di Acara Penanaman Pohon dalam rangka ulang tahun ke-32 PT Jasa Marga di ruas Tol Purbaleunyi Km 108, Sabtu (6/3/2010).

Ia juga mengatakan, Jasa Marga akan merealisasikan pembuatan jalan tol baru dan lanjutan di wilayah Jabodetabek, antara lain Jakarta Outer Ring Road (JORR), Serpong-Cinere, Cimanggis-Cibitung, dan Bogor Outer Ring Road (BORR).

"Infrasturktur sangat dibutuhkan, dan jalan tol menjadi salah satu konsep menyikapi kebutuhan akan jalan. Selain itu, jalan tol mampu mengintegrasikan setiap daerah," katanya.

Pembangunan jalan tol baru, ujar Frans, sudah mulai dilakukan oleh Jasa Marga. Namun, pihaknya mengaku masih mengalami kendala, seperti pembebasan lahan. Kendala ini masih menjadi kendala utama yang dialami Jasa Marga setiap akan membangun jalan tol baru, padahal pihaknya sudah menyiapkan dana awal untuk pembebasan lahan tersebut. "Investasi ini (Rp 250 triliun) sudah termasuk untuk pembebasan lahan. Namun, kami masih terkendala masalah ini," ujarnya. (tif)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com