Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Superblok Ciputra World Dikembangkan Seperti Orchard Road

Kompas.com - 28/01/2010, 23:19 WIB

Grup Ciputra saat ini sedang menyelesaikan pembangunan superblok Ciputra World di kawasan Mega Kuningan, Jakarta Selatan. Pengusaha properti, Ir Ciputra sejak belasan tahun lalu sudah bercita-cita menjadikan Jalan Dr Satrio (Casablanca) meniru kawasan Orchard Road Singapura.

Superblok Ciputra yang memiliki fasilitas lengkap ini, diperkirakan selesai pada tahun 2011. Apa komentar Ciputra tentang megaproyek superblok ini? Ikuti wawancara khusus Kompas.com dengan Ciputra.

Ciputra World akan dikembangkan menjadi semacam Orchard Road seperti di Singapura. Bisa dijelaskan, Pak Ci?

Baiklah. Orchard Road di Singapura itu semacam superblok. Anda pergi ke Orchard Road, Anda dapat semua, kecuali universitas. Jadi kita pergi ke sana, kita berbelanja, berekreasi, kita berolahraga dalam gedung-gedung tersebut. Demikian pula superblok. Kita menginap di situ, kita pergi ke kantor di situ, ke rumah sakit di situ.

Nah kita cita-citakan jalan (Casablaca atau Dr Satrio) ini Orchard Road Indonesia. Dan itu bukan hanya kami. (Pemprov) DKI sudah sahkan, agar semua turis datang. Dan jangan hanya satu. Kita ada beberapa titik, saya hitung di Jakarta kira-kira ada 10 tempat. Karena Jakarta lebih besar dari Singapura, disokong oleh 200 juta orang lagi,  menjadi tempat-tempat superblok, baik satu kawasan, satu daerah, menjadi satu superblok.  Sehingga turis senang datang. Anda setuju atau tidak setuju, bahwa superblok akan menjadi tren.

Kalau itu dianggap menganggu, yang salah bukan superblok, yang salah sistem lalu lintas.
Coba kalau di bawah ada MRT. Di tiap titik pemberhentian MRT, supaya ada satu superblok. Dengan demikian, itu sangat bantu (kelancaran) lalu lintas. Dan lalu lintas kendaraan termasuk kelompok pemakaian energi yang besar. (Dengan cara ini)  kita akan  bisa (menjadi lebih) efisien.

Demikianlah Bincang Properti kali ini.  Sampai jumpa.
(Robert Adhi Ksp)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com