Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
KONSULTASI FENGSUILinda Kho
Linda Kho, belajar feng shui secara otodidak mulai tahun 2002. Lalu belajar feng shui dari Master Vincent Koh (Singapura).

Tahun Baru Imlek dan Feng Shui Rumah

Kompas.com - 20/01/2010, 18:48 WIB

Tanya
Menurut penanggalan China, pada tanggal 14 Februari 2010 adalah Tahun Baru Imlek. Apakah pergantian tahun tersebut berdampak pada feng shui rumah saya? Untuk informasi, rumah saya menghadap ke Timur persis, dibangun pertengahan tahun 1998. Adakah cara-cara yang efektif untuk mengatasi pengaruh buruk (jika ada) dari perubahan tahun tersebut? Terima kasih.

Albert, Tangerang

Linda Kho menjawab
Sebelumnya perlu dijelaskan, bahwa kalender yang dijadikan dasar perhitungan feng shui bintang terbang berbeda dengan kalender perhitungan Imlek. Imlek berdasarkan lunar system (bulan), sedangkan feng shui menggunakan kalender 10.000 tahun (Hsia Calendar) yang mengacu pada solar system (matahari).

Imlek tahun ini jatuh pada tanggal 14 Februari 2010. Namun, pergantian tahun (shio) telah dihitung pada tanggal 4 Februari 2010 pukul 06.39. Artinya, meskipun belum melewati 14 Februari, namun pada tanggal 4 Februari, tahun telah berubah, dari Kerbau ke Macan. 4 Februari ini disebut dengan Li Chun, yang berarti awal musim semi.

Dalam ilmu feng shui bintang terbang (Xuan Kong Fei Xin/ Flying Star), diketahui bahwa setiap saat energi yang ada di sekitar kita itu berubah. Perubahan tersebut adalah siklikal, bisa diidentifikasi berdasarkan jam, hari, bulan/ musim, tahun, dan periode 20 tahunan. Perhitungan feng shui bintang terbang ini (disebut feng shui kompas/ arah) memang cukup kompleks, berbeda dengan feng shui bentuk (seperti bangunan tusuk sate, kolam/ dapur di titik tengah rumah, dan lain lain).

Karena siklus jam, hari, dan bulan/ musim, dianggap terlalu singkat, maka yang dianggap lebih besar pengaruhnya adalah yang tahunan. Dengan demikian, sudah tentu pergantian tahun menjadikan energi rumah anda berubah.

Sebelum membahas bagaimana dampak dari pergantian tahun, perlu melihat sepintas pada energi 20 tahunan rumah anda. Rumah yang dibangun pada periode 1984-2004, disebut dengan rumah periode 7.

Untuk rumah periode 7 yang tepat menghadap ke Timur, memiliki dua kelemahan utama. Pertama, bintang air (bintang kemakmuran) yang buruk (bintang kuning 5) berada di tengah rumah. Ini artinya penghuni rumah tersebut banyak mengalami masalah finansial. Kedua, bintang air yang berada di depan rumah (biasanya di sini terletak pintu), juga merupakan bintang yang buruk (bintang terbang 7). Masalah finansial semakin memburuk memasuki tahun 2004. Anda harus kerja ekstra keras untuk mengatasinya.

Tanggal 4 Februari 2010 – 4 Februari 2011, bintang yang buruk berada di sektor Barat Daya (bintang 5), Selatan (bintang 3), Timur Laut (bintang 2), Tenggara (bintang 7). Sektor depan rumah anda (Timur) relatif aman. Tinggal anda evaluasi rumah anda, apakah di sektor yang buruk tersebut terdapat tempat yang vital (kamar tidur, ruang kerja, dapur) atau tidak. Jika ya, gunakan fung ling (lonceng angin logam berbatang 6) untuk menetralkan bintang 5, lampu/ karpet merah untuk bintang 3, untaian 6 koin logam untuk bintang 2, dan jambangan air untuk bintang 7. Jika tidak, maka anda tidak perlu mengkhawatirkan perubahan energi tahun macan bagi rumah anda.

Gong xi fa cai
Suìsuì píng'?n
Niánnián y?uyú
Shien di Chien Kang
Wan She Rui yi

Linda Kho
www.fengshuikita.com

Linda Kho, pakar feng shui, tinggal di Salatiga, Jawa Tengah. Linda belajar feng shui secara otodidak mulai tahun 2002. Kemudian pada tahun 2005, Linda belajar feng shui dari Master Vincent Koh (Singapura) di Singapore Polytechnic. Dan pada tahun 2007, Linda memperdalam ilmu feng shui dari Grandmaster Raymond Lo (Hong Kong).

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com