Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

2010, REI Targetkan 160.000 RSH

Kompas.com - 14/12/2009, 15:32 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Real Estat Indonesia (REI) yang beranggotakan 1.743 pengembang, menargetkan pembangunan 160.000 unit rumah sederhana sehat (RSH) pada tahun 2010. Angka ini meningkat sekitar sepuluh persen dibandingkan jumlah unit yang berhasil dibangun pada tahun 2009, yaitu 135.000 unit. Hal ini disampaikan Ketua Umum REI Teguh Satria kepada para wartawan, Senin (14/12/09) di Jakarta.

Satria mengatakan, hal ini akan tercapai jika pemerintah turut membantu menekan ekonomi berbiaya tinggi dalam bidang pembangunan perumahan dan pemukiman.

Bagaimana dengan pasar properti 2010? "REI tetap optimis bisnis properti akan terus tumbuh di tahun 2010. Hal ini tercermin dari keyakinan anggota REI melihat kondisi sosial dan politik yang semakin kondusif, ekspektasi terhadap suku bunga pinjaman yang rendah, dan semakin baiknya ekonomi global," ujar Satria.

Sementara itu, terkait program pembangunan 1.000 menara rumah susun sederhana milik (rusunami) yang dicanangkan pemerintah, pengembang anggota REI telah melakukan topping off (tutup atap) sekitar 90 menara. Salah satu hambatan dari lambatnya pembangunan rusunami adalah proses perizinan, pembebasan PPN yang tidak optimal, serta pengucuran subsidi yang berbelit-belit. Hal ini membuat para pengembang urung, dan mengalihkannya dengan membangun apartemen sederhana milik (anami).

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com