Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tahun Depan Ancol Mulai Reklamasi Lagi

Kompas.com - 24/11/2009, 13:47 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Pembangunan Jaya Ancol Tbk tahun depan akan memulai reklamasi Pantai Jakarta seluas 353 hektar. Reklamasi yang akan dilakukan selama lima tahun itu, akan dipakai untuk rekreasi dan perumahan.

 

Direktur Utama PT Pembangunan Jaya Ancol Budi Karya Sumadi mengatakan, komposisi rekreasi akan mengambil porsi 60 persen dari reklamasi. "Sisanya baru untuk hunian dan komersial," kata Budi, di Jakarta, Selasa (24/11).

 

Dia menambahkan reklamasi itu sudah mendapat izin dari Gubernur DKI Jakarta dan sudah mempunyai analisa dampak lingkungan (Amdal). "Di lapangan kami akan berkoordinasi dengan Kementrian Lingkungan Hidup," kata Budi.

 

Reklamasi itu dipastikan tidak akan mengganggu aliran sungai yang ada di Jakarta, karena reklamasi dilakukan 300 meter dari bibir Pantai Jakarta. "Semua sungai akan bermuara di tempat semula. Tidak akan tertutup oleh daratan reklamasi," tegas Budi.

 

Mengenai biaya reklamasi, Budi mengatakan membutuhkan dana Rp 200 miliar per tahun, atau sekitar Rp 1 triliun selama lima tahun. "Dana akan kami usahakan dari obligasi dan right issue, tetapi belum kami putuskan."

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com