Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Grup Lippo Bangun Dua Hotel Baru di Jakarta

Kompas.com - 07/10/2009, 13:57 WIB

 JAKARTA, KOMPAS.com — Grup Lippo segera membuka dua hotel baru dengan brand Aryaduta di Jakarta. Kedua hotel itu berlokasi di superblok Kemang Village (Jakarta Selatan) dan superblok St Moritz (Jakarta Barat).

Chief Executive Officer (CEO) Grup Hotel Aryaduta Jessica Quantero, Rabu (7/10), menjelaskan, Hotel Aryaduta Kemang Village dengan 350 kamar akan beroperasi tahun 2011, sementara Aryaduta St Moritz (500 kamar) tahun 2012.  

Kedua hotel baru di Jakarta itu akan melengkapi hotel-hotel jaringan Aryaduta yang dikelola grup Lippo selama ini. "Aryaduta adalah hotel bintang lima dengan brand lokal yang memiliki jumlah kamar terbesar di Indonesia, yaitu 2.700 kamar," kata Jessica.

Dalam tiga tahun ke depan, jumlah kamar Hotel Aryaduta bertambah 1.000 sehingga menjadi 3.700 kamar.

Jessica yang mengawali kariernya di Lippo Bank tahun 1990-an itu mengatakan, grup Lippo kini berekspansi ke bidang perhotelan dan hospitality. Saat ini Grup Aryaduta memiliki delapan hotel. Hotel Aryaduta di Jalan Prapatan, Tugu Tani, Jakarta Pusat, diambil alih oleh Lippo setelah krisis moneter tahun 1998. Hotel yang dibangun tahun 1974 dan memiliki 350 kamar itu merupakan hotel pertama di Jakarta yang dimiliki Lippo.

Selain itu,  Hotel Aryaduta Semanggi dengan 300 kamar berada di jantung Jakarta. Gedung itu sebenarnya milik Lippo, tapi dikelola Aston dengan nama Aston Sudirman. Setelah kontrak habis 1 April 2008, hotel itu dikelola sendiri oleh Lippo dengan nama Aryaduta Semanggi. Ada lagi hotel bernuansa resor di kawasan kota baru Lippo Karawaci, Tangerang. Sebelumnya hotel itu bernama Imperial Aryaduta, kini dinamakan Aryaduta Lippo Village.

Di luar Jakarta, Lippo memiliki Hotel Hyatt Regency Bandung (Jawa Barat), Aryaduta Makassar (Sulawesi Selatan), Aryaduta Pekanbaru (Riau), Aryaduta Palembang (Sumatera Selatan), Aryaduta Medan (Sumatera Utara).

Grup ini juga mengelola pusat rekreasi, olahraga, dan resor seperti Waterboom Cikarang (Bekasi), Imperial Country Club dan Imperial Klub Golf (Lippo Village), dan Puncak Resort.

Menurut Jessica, dalam tiga tahun ke depan, Lippo akan mengoperasikan Aryaduta City of Tomorrow Surabaya, Aryaduta Sentul (Bogor), Aryaduta Semarang, Aryaduta Kuta (Bali).  

Hotel Aryaduta kini salah satu pilar dari enam pilar kelompok usaha PT Lippo Karawaci (LK) Tbk yakni Urban Development, Large Scale Integrated Development, Retail Malls, Hotel/Hospitality, Healthcare dan Property & Portfolio Management.  
 
Pilar ini bagi PT Lippo Karawaci sangat penting sekali kontribusinya dalam meningkatkan pendapatan yang berkesinambungan (recurring revenue). "Sektor jasa perhotelan seperti ini terbukti cukup tahan terhadap gejolak ekonomi. Target ke depan, recurring revenue akan bisa melampui di atas 50 persen dari total pendapatan," kata Jessica. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com