Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pengembang Rame-rame Tawarkan Diskon

Kompas.com - 14/09/2009, 16:49 WIB

KOMPAS.com - BULAN puasa dan Lebaran tak cuma identik dengan harga-harga yang terbang bebas. Banyak pedagang yang malah menggelar pesta diskon.

Termasuk, pengembang perumahan yang memanfaatkan momentum Ramadhan dan Idul Fitri untuk mendongkrak penjualan dengan cara memberikan potongan harga.

PT Lippo Cikarang Tbk, pengembang kawasan perumahan dan industri Lippo Cikarang, misalnya, menawarkan diskon bunga kredit pemilikan rumah alias KPR. Dengan menggandeng PT Bank Mandiri, anak usaha Lippo Group ini memberikan bunga 6,5% tetap (fixed) selama setahun terhadap lima produk Lippo Cikarang.

Kelima produk itu adalah kluster Vassa Lake, Vassa Wood, Elysium Garden, Le Jardin @ Elysium Residence, dan Ventura. Tawaran potongan bunga KPR yang menarik tersebut berlaku hingga akhir Oktober 2009 mendatang. “Ramadhan dan Idul Fitri merupakan momentum yang pas untuk program diskon ini,” ujar Juru Bicara Lippo Cikarang Ria Sormin.

PT Arya Lingga Manik juga tidak mau ketinggalan. Tahun ini merupakan kali pertama pengembang Panorama Serpong di Tangerang dan Griya Satriya di Bekasi tersebut mengadakan program promosi saat bulan puasa dan Lebaran. “Kami memberikan diskon uang muka dan rumah, masing-masing antara Rp 2 juta hingga ?Rp 3 juta,” ujar Manajer Pemasaran Panorama Serpong Hamim Akbar.

PT Jaya Real Property Tbk, pengembang Graha Raya, Tangerang, lebih berani lagi menawarkan diskon. Lewat program bertajuk Ramadhan Great Sale, mereka menawarkan potongan harga sampai Rp 150 juta. Itu belum termasuk diskon bunga KPR fixed satu tahun mulai 6,5%. Tawaran ini berlaku sepanjang September 2009 ini.

Jaya Real juga menggelar promosi perumahan garapan mereka yang lain, yaitu Bintaro Jaya. Dengan tajuk Bintaro Lebaran Great Promo, anak perusahaan Ciputra Group itu mengiming-imingi diskon bunga fixed satu tahun mulai 6,5% dan berbagai aneka ragam hadiah ciamik lainnya. Promosi ini juga berlaku untuk produk unggulan Bintaro Jaya: kluster Emerald Garden dan Kebayoran View.

Penjualan naik 20%

Duta Indah Residence menggelar promosi dengan judul Ketupat Hoki selama September ini. Selain diskon bunga KPR, perumahan yang berlokasi di Tangerang ini juga membebaskan biaya pengurusan surat-surat. Selain itu, pembeli bebas memilih ketupat hoki mereka yang berisi perabot rumahtangga, mulai televisi, kulkas, sampai penyejuk udara.

Memang, Direktur Century 21 Pertiwi Ali Hanafia mengatakan, pengembang selalu memanfaatkan momentum bulan puasa dan Lebaran untuk mengerek angka penjualan. “Siasat yang bagus karena peningkatan penjualan saat Ramadhan dan Idul Fitri cukup signifikan sekitar 10%, bahkan bisa sampai 20%” kata dia.

Cuma, kenaikan penjualan yang lumayan tersebut biasanya cenderung berpihak pada pengembang besar, yang membidik pasar yang jelas alias captive market. Ali mencontohkan, hunian yang bakal laku keras di bulan Puasa dan Lebaran berlokasi di kawasan Bintaro, Serpong, serta Kelapa Gading.

Sebaliknya, pengembang kecil yang membidik konsumen kelas menengah bawah justru akan mengalami penurunan penjualan, bisa sampai 20% hingga 30%. Alasannya, “Calon pembeli mereka akan lebih memilih untuk fokus memenuhi kebutuhan Ramadhan dan Idul Fitri,” ujar Ali.(KONTAN/Anastasia Lilin Yuliantina/SS Kurniawan)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com