Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Biarkan Anak Pilih Tema Dekorasi Kamarnya

Kompas.com - 26/08/2009, 11:06 WIB

KOMPAS.com - Menentukan tema adalah langkah penting saat Anda akan mendekorasi kamar anak. Kebanyakan orang tua, bahkan mungkin termasuk Anda, cenderung mengambil inisiatif sendiri dalam menentukan tema, bahkan sebelum sang buah hati hadir di rumah Anda. 

Tak jarang bila yang terjadi kemudian adalah tema dekorasi merupakan cermin dari keinginan dan selera Anda sebagai orang tua. Tetapi seiring bertambahnya usia anak, tak selalu keinginan dan selera bakal sejalan. Anda menghendaki suatu tema, tetapi sang anak anak belum tentu menyukainya.

Idealnya, kamar anak termasuk interiornya harus merupakan gagasan dan keinginan sang anak. Sebagai orang tua, jangan pernah mengira anak tak punya gagasan apa-apa tentang interior kamarnya. Untuk mewujudkan gagasan dan ide sang buah hati, cobalah untuk mengkomunikasikannya. Tanyalah apa yang menjadi kesukaannya atau tema favorit mereka. Masuklah dalam dunia mereka dan ngobrol dengan bahasa mereka.

Untuk memudahkan pencarian tema, tak ada salahnya Anda juga menawarkan sejumlah ide dan tema dekorasi. Biarkan mereka memilih sesuai dengan keinginannya. Tema-tema dekorasi kamar biasanya tidak pernah jauh dari kategori di bawah ini :

1. Kartun. Tokoh atau karakter dari dunia yang satu ini sangat akrab dengan anak modern. Untuk anak-anak lelaki, tokoh superhero seperti Spiderman atau Superman mungkin akan sangat menarik. Sedangkan untuk anak perempuan bisa pilih tokoh putri negeri dongeng seperti, barbie, cinderella dsb. Tokoh atau  karakter lucu seperti sponge bobs dapat menjadi pilihan netral untuk kedua jenis kelamin.

2. Tema. bunga dengan segala bentuk dan warnanya biasanya lebih menarik perhatian anak perempuan.

3. Hutan dan Binatang.  Kehidupan binatang dapat menghibur anak-anak. Mereka akan sangat gembira melihat berbagai karakter lucu binatang di kamarnya.

4. Sporty.  Tema olahraga biasanya lebih disukai anak laki-laki.  Tema-tema seperti sepakbola, bola basket, tenis atau rugby dapat dijadikan pilihan. Untuk tema basket misalnya, gantunglah ring basket berukuran kecil, lalu padukan dengan tempat tidur berbentuk bulat menyerupai bola basket dengan warna oranye yang cerah.

5. Laut. Berbagai jenis ikan dan biota laut serta airnya yang biru cocok untuk tema kamar anak laki-laki maupun perempuan.

6. Otomotif. Mobil-mobilan adalah mainan favorit laki-laki, tak heran jika tema ini juga digemari sebagian besar anak laki-laki. Tema film kartun mobil seperti The Cars atau beragam game balap mobil misalnya bisa dijadikan pilihan.

7. Ciri khas negara. Keragaman budaya dan identitas setiap negara bisa dijadikan inspirasi dekorasi kamar. Lucunya koala atau kanguru yang dipadu bendera Australia misalnya, bisa mempercantik kamar anak Anda.

8. Kreasi sendiri.  Biarkan anak Anda mengembangkan kreativitasnya. Coretan atau lukisan anak dapat dijadikan materi dekorasi. Pajanglah hasil karya mereka dalam pigura-pigura yang manis.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com