Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jangan Berlebihan Gunakan Warna Biru

Kompas.com - 11/08/2009, 17:58 WIB

KOMPAS.com — Sedikit sentuhan biru navy mampu ciptakan kesan maskulin. Jagoan cilik Anda pasti menyukainya. Kamar tidur bisa jadi cerminan karakter pemiliknya, begitu pula pada kamar anak-anak.

Membentuk karakter anak dapat dimulai dari kamarnya. Anak laki-laki tentu senang dengan kamar yang berkesan maskulin. Kamar demikian dapat membuatnya merasa seperti "jagoan". Untuk menciptakan karakter tersebut, pemilihan tema warna kamar merupakan salah satu upaya yang tergolong penting.

Anda tentu sudah tak asing lagi dengan pembagian karakter warna, merah muda khas anak perempuan, biru identik dengan anak laki-laki. Selain itu, masih cukup banyak penggolongan karakter warna yang mengarah pada penggolongan jenis kelamin anak. Rata-rata orang memilih warna-warna yang sederhana yang telah banyak dipergunakan. Untuk kamar anak laki-laki identik dengan penggunaan warna biru.

Soal inspirasi desain, kamar di foto ini bisa jadi contekan. Banyak orang memilih untuk mengaplikasikan warna biru di seluruh permukaan dinding kamar. Hal itu boleh-boleh saja, walau tidak selamanya harus seperti itu. Biru juga bisa diaplikasikan sebagai warna-warna detail elemen ruang.

Di kamar berukuran 3,2 m x 2,8 m ini, warna biru diaplikasikan pada gorden dan karpet. Dikelilingi warna-warna netral, seperti putih dan coklat, biru tampil mencolok. Sekilas pandang, efek warna biru ini langsung menarik perhatian.

Tak Sembarang Biru

Meski biru identik dengan karakter anak laki-laki, tetapi tidak semua biru memiliki makna yang sama. Biru muda atau biru langit, memiliki kesan lembut. Warna demikian cocok diaplikasikan pada kamar bayi laki-laki. Berbeda halnya jika si kecil sudah beranjak besar.

Karakter anak laki-laki berusia bocah (5-12 tahun) hingga remaja, biasanya lebih pas digambarkan dengan warna biru navy. Disebut biru navy, karena biru yang ini sama dengan yang digunakan pada seragam angkatan laut (navy) Amerika Serikat. Hal ini juga menambah kesan maskulin pada warna biru yang satu ini.

Biru navy cenderung gelap, itu sebabnya mengaplikasikannya di seluruh dinding kamar, bukan pilihan jitu. Warna-warna pekat berkarakter lebih pas dijadikan aksen atau dipadukan dengan warna-warna lain yang lebih "ringan". (www.ideaonline.co.id /Anissa Q. Aini)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com