Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tanaman di Kamar Tidur, Kenapa Enggak Boleh?

Kompas.com - 30/07/2009, 16:46 WIB

KOMPAS.com — Seorang teman mengaku bingung ketika ia membaca salah satu buku tentang fengsui yang menyatakan bahwa menyimpan tumbuhan atau tanaman di dalam kamar tidur sebaiknya dihindari.  Hal itu disebabkan tanaman perlu disiram air, sedangkan unsur air seharusnya dihindari di kamar tidur.

Namun yang membuat ia bingung, bukankah tanaman adalah penghasil oksigen yang baik. Mereka dapat menyerap polutan dan karbon dioksida dari udara untuk kemudian mengubahnya menjadi oksigen. Lalu, mengapa dari sisi fengsui tanaman justru tidak direkomendasikan disimpan di kamar tidur?

Bila dianalisis secara praktis, penjelasan sederhana berikut ini mungkin dapat membantu. Tumbuhan adalah makhluk hidup yang melepaskan karbon dioksida ke udara pada malam hari. Adapun pada saat bersamaan, kita justru harus tengah beristirahat dan melepas lelah pada malam hari. Nah oleh karena itulah, menempatkan tanaman di kamar tidur jelas bukan merupakan ide yang baik.

Dari sudut pandang kearifan fengsui, tumbuhan juga merupakan representasi pertumbuhan dan getaran hidup, dan dua hal ini jelas bukanlah energi yang Anda harapkan saat beristirahat di kamar tidur.

Akan tetapi, hal ini juga bukan berarti kehadiran tanaman kecil dalam pot, khususnya pada sebuah kamar tidur yang cukup luas, akan menimbulkan pengaruh buruk dari sisi fengsui.

Perlu dicatat bahwa pengaruh buruk tanaman dalam kamar tidur akan sangat bergantung pada faktor lain, seperti luas dan desain kamar. Bagaimanapun, kehadiran tanaman di dalam rumah sebenarnya membawa efek positif, terutama dengan mempertimbangkan tingkat polusi dalam ruangan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com