Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

"Homey" di Rumah Country

Kompas.com - 14/07/2009, 23:04 WIB

KOMPAS.com - Sungguh nyaman tinggal di rumah mungil yang mengakomodasi semua kebutuhan dan didukung lingkungan yang sejuk. Seperti pada rumah bergaya country yang satu ini.

Beruntung jika Anda punya rumah dengan lingkungan hijau yang asri. Seperti rumah di kawasan Cinere, Depok, ini. Keistimewaannya ada di taman luas serta ruang terbuka di bagian depan rumah.

Arsitektur bangunan rumah ini mengambil gaya rumah country melalui atap pelana, bata ekspos, dan beberapa detail railing dan pagar. Untuk memperkuat kesan pada rumah mungil ini, tampak depan bangunan dirancang hingga mengesankan bangunan satu lantai. Lokasi dasar rumah ini memang lebih tinggi 1,5 meter dari jalan, maka ketinggian bangunan sengaja dibuat rendah, agar tidak terlihat terlalu tinggi dari arah jalan.

Meski demikian, pencahayaan dan penghawaan ruang bagian dalam berlangsung secara maksimal. Plafon rumah yang dihilangkan dan langsung.

Menyatu dengan atapnya membuat udara di dalam ruangan tidak terasa panas. Kondisi ini didukung juga dengan penempatan jendela dan bukaan dalam posisi berhadapan sehingga menghasilkan ventilasi silang.

Untuk memaksimalkan lingkungan yang sudah hijau, dibuatlah halaman depan dan belakang yang cukup luas. Pintu kaca lipat diletakkan di ruang makan sebagai pembatas ke arah teras belakang. Pada saat-saat tertentu, pintu ini bisa dibuka sehingga ruangan menjadi luas, dan langsung menyatu dengan halaman belakang yang sejuk.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com