Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Halaman Museum Fatahillah Jadi Pusat Kegiatan Lingkungan

Kompas.com - 14/06/2009, 10:50 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com — Peringatan Hari Bebas Kendaraan Bermotor di Kawasan Kota Tua diisi dengan berbagai kegiatan yang semuanya dirangkum dalam peringatan Hari Lingkungan Hidup Sedunia dan Hari Ulang Tahun ke-482 Kota Jakarta di pelataran Museum Fatahilah Jakarta. Demikian diungkapkan Wali Kota Jakarta Barat Djoko Ramadhan yang ditemui di sela-sela acara tersebut di pelataran Museum Fatahilah.

Selain itu ada Apresiasi Jakarta Green and Clean Jakarta Barat, terkait anugerah Adipura kepada Kota Administrasi Jakarta Barat. Menurut Djoko, Adipura ini adalah hasil kerja keras masyarakat Jakarta Barat secara luas.

"Saya terima kasih, ini merupakan salah satu keinginan masyarakat untuk menjadikan Jakarta Barat bersih, nyaman, dan hijau," ungkap Djoko, Minggu (14/6). Adipura, lanjutnya, hanya sebagai pemicu dari tujuan besar yang ingin disasar yaitu menjadikan lingkungan Jakarta Barat berkualitas.

Untuk sampai ke sana, tambahnya, Pemda bersama masyarakat akan lebih meningkatkan kebersihan, penghijauan, pembuatan lubang biopori, dan pemilahan sampah. "Ini semua sudah dilaksanakan, dan akan terus kami tingkatkan," tegasnya.

Indikator keberhasilan peningkatan kualitas lingkungan, menurut Djoko, adalah sudah ada 10 RW yang menjadi nominator lingkungan bersih di tingkat provinsi. "Saya yakin, jumlah ini akan bertambah," katanya. Dengan demikian, walau padat tetap tertata, bersih, dan hijau.

Acara HBKB di Kawasan Kota Tua juga dimeriahkan oleh band-band yang membawakan lagu pop, drama singkat dari ibu-ibu RW Jakarta Barat, sepeda lambat yang diikuti komunitas onthel wisata kota tua dan beberapa perlombaan serta unjuk kesenian yang kesemuanya membawakan pesan pentingnya menjaga lingkungan hidup.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com