Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kolam Penyejuk Udara Sekaligus Pengikat Debu

Kompas.com - 05/05/2009, 16:43 WIB

KOMPAS.com - Kolam tak hanya berfungsi sebagai unsur estetik taman. Udara lebih bersih dan sejuk bisa didapat karena kehadirannya.

Membangun taman selalu disebut sebagai salah satu solusi sirkulasi udara yang baik. Tak jarang, arsitek lansekap atau pemilik rumah menempatkan sebuah kolam di taman. Kehadiran kolam menambah indah tampilan taman.

Tak hanya sebagai penambah unsur estetika, kolam dapat membantu terciptanya udara yang bersih dan sejuk. Uap air dari kolam, dapat menangkap partikel debu dengan cepat. Sehingga udara sekitar taman dapat menjadi lebih bersih, karena tidak banyak mengandung debu.

Selain menurunkan kadar debu pada udara, uap air juga dapat membantu menurunkan suhu ruangan. Kalau kita perhatikan, kamar mandi biasanya terasa lebih sejuk dibanding ruangan lain, di dalam rumah. 

Keberadaan bak mandi berisi airlah yang menjadi salah satu penyebabnya. Hal yang sama juga berlaku pada  keberadaan kolam.Jadi dengan menempatkan kolam pada taman, paling tidak dua hal positif dapat dipetik. Udara lebih bersih, temperaturnya pun lebih rendah. (Anissa/iDEA)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com