Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pesona Bunga Selai Jeruk

Kompas.com - 20/03/2009, 15:10 WIB

KOMPAS.com - Marmalade Bush memiliki nama latin Streptosolen jamesonii. Tanaman ini adalah satu-satunya spesies dari rumpun Streptosolen. Banyak orang menanamnya, karena menyukai warna bunganya.

Bunga S. jamesonii berbentuk seperti corong. Setiap bunga disangga oleh sebuah batang lunak. Biasanya bunga-bunga ini mekar dalam jumlah banyak. Bunga-bunga Streptosolen yang mekar, berkumpul pada ujung batang.

Bunga Streptosolen berwarna kuning, saat pertama kali mekar. Warna ini berangsur-angsur berubah menjadi oranye cerah, mengingatkan kita pada warna buah jeruk segar. Menempatkannya di antara hamparan taman hijau, pasti menarik!

S. jamesonii menyukai matahari. Paling tidak, ia harus mendapatkan sinar matahari langsung selama enam jam per hari. Kekurangan sinar matahari dapat mengakibatkan warna bunga yang tidak cerah. Selain itu, pertumbuhannya juga menjadi lamban.

Untuk menjaga kesuburan pertumbuhan tanaman ini, sediakan media tanam yang cukup air. Tapi, jangan terlalu sering disiram, karena Streptosolen tidak menyukai air yang menggenang. Bisa-bisa akarnya busuk dan mati. Untuk mencegah air menggenang, buat drainase yang cukup pada tempatnya tumbuh. Lakukan penyiraman sesuai kebutuhan. Ketika musim panas, ada baiknya, lakukan penyiraman setiap hari. Proses penyiraman dapat dikurangi, selama musim hujan.


Anissa

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com