Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kaktus Cantik Asal Hutan Hujan Tropis

Kompas.com - 17/03/2009, 10:41 WIB

KOMPAS.com — Ternyata kaktus tak hanya dapat ditemui di padang pasir. Di hutan hujan tropis pun, kaktus bisa ditemui. Sosoknya tak kalah menawan.

Banyak orang mengenal kaktus yang satu ini dengan sebutan holiday cactus. Pasalnya, kaktus berbunga cantik ini seringkali dijadikan hadiah pada hari Natal. Ada pula yang menyebutnya dengan Zygocactus. Sekarang flora tropis ini dikenal pula dengan sebutan Schlumbergera.

Sama seperti kaktus padang pasir, holiday cactus juga memiliki batang sukulen. Bentuknya pipih, keras, dan tak berdaun. Dalam pertumbuhannya, kaktus hujan tropis ini biasanya membentuk semak. Satu hal yang akan membuat orang terpikat akan kaktus ini adalah bunganya.

Bunga Holiday cactus biasa muncul di ujung batang. Warna-warna cerah membuat bunga ini menarik perhatian. Bunga-bunga ini muncul dalam beragam jenis warna. Mulai dari merah muda pucat, magenta, oranye, scarlet (merah menyala), dan putih.

Pada habitat aslinya, "Kaktus Hari Libur" ini bersifat epifit (tumbuh menumpang pada batang pohon). Untuk dikonsumsi sebagai tanaman hias, kaktus ini bisa ditanam pada media tanam yang memiliki nustrisi tinggi dan porositas yang baik.

Holiday cactus menyukai panas matahari, tetapi bukan sinar matahari langsung. Untuk menghindarkannya dari paparan sinar matahari langsung, gunakan paranet. Atau bisa juga meletakkannya di teras atau dekat jendela, yang terlindung atap.

Untuk penyiraman, tidak perlu terlalu sering dilakukan. Kaktus cantik ini menyukai media tanam yang tidak terlalu basah dan tidak terlalu kering. Untuk perbanyakan, bisa dengan menanam bibit atau dengan stem cutting (stek).


Anissa

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com