Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mampu Bertahan di Segala Kondisi

Kompas.com - 11/02/2009, 15:34 WIB

BAGI sebagian orang, menanam dan merawat tanaman dianggap sebagai kegiatan yang sangat memakan waktu. Apalagi kalau tanaman yang dipilih merupakan jenis yang perlu perhatian ekstra.

Masalah waktu dan segala kerepotan perawatan tersebut, bisa dihindari kok. Caranya, pilih tanaman yang mudah perawatannya. Salah satu yang paling banyak dipilih adalah kaktus.

Kaktus dikenal dengan julukan tanaman padang pasir. Sifatnya yang sukulen (mampu menyimpan air pada batang), membuat kaktus mampu bertahan di daerah yang jarang air. Seperti halnya di padang pasir, yang tandus sekalipun.

Sebenarnya, kaktus tak hanya bisa hidup di padang pasir yang panas. Pada suhu yang sangat dingin pun, ia bisa hidup. Kaktus memiliki kemampuan beradaptasi yang luar biasa. Tak perlu khawatir kaktus akan mati karena perubahan cuaca atau iklim.

Jika keadaan tempat tumbuhnya tidak cocok, ukuran daun kaktus akan mengecil, bahkan mungkin tidak keluar sama sekali. Sedangkan batangnya akan digunakan sebagai penyimpan air. Duri yang sering kita lihat di permukaan batang kaktus, sebenarnya adalah daun kaktus.

Tak sulit menjumpai tanaman berduri ini. Banyak penjual tanaman yang menjual berbagai jenis kaktus. Banyak di antaranya berbentuk unik. Bentuk-bentuk tak biasa tersebut, biasanya merupakan hasil penggabungan dua atau lebih jenis kaktus. Penggabungan ini dilakukan dengan melakukan penyambungan batang (grafting).

Merawat kaktus sama sekali tidak sulit. Perhatikan saja kebutuhannya. Kaktus menyukai cahaya matahari dan sirkulasi udara yang baik. Jadi, jika ingin meletakkannya di dalam ruangan, sebaiknya tempatkan kaktus berdekatan dengan jendela. Atau setiap pagi, keluarkan kaktus agar mendapat cahaya matahari yang cukup.

Untuk penyiraman, tak perlu sering dilakukan. Lakukan penyiraman hanya ketika media tanamnya kering. Jika cuaca sedang dingin atau musim hujan, penyiraman cukup dilakukan dua sampai tiga kali dalam satu bulan. Sedangkan jika cuaca sedang benar-benar kering, lakukan penyiraman dua hingga tiga kali dalam satu minggu. Terlalu sering menyiram kaktus, justru akan membuatnya busuk dan mati.

 

Anissa

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com