Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Menara Jakarta Setinggi 558 Meter di Kemayoran Jadi Pusat Telkom

Kompas.com - 23/01/2009, 01:30 WIB

JAKARTA, KOMPAS - Menara Jakarta setinggi 558 meter dan bakal menjadi menara (tower) tertinggi di dunia saat ini dibangun di kawasan Kemayoran, Jakarta Pusat.

Direktur PT Prasada Japa Pamudja, Roesdiman Soegiarso, Kamis (22/1), mengungkapkan, Menara Jakarta berfungsi sebagai menara telekomunikasi dan multimedia. Proyek senilai Rp 3 triliun ini dijadwalkan selesai tahun 2012.

”Menara Jakarta akan menjadi ikon kebanggaan Indonesia,” kata Wakil Komisaris Utama PT Prasada Japa Pamudja, Djoko Suyanto.

Gubernur DKI Jakarta Fauzi Bowo berharap Menara Jakarta menjadi pusat menara-menara stasiun TV dan BTS (base transceiver station) operator seluler. ”Saat ini terlalu banyak menara stasiun TV dan BTS,” kata Fauzi Bowo yang meninjau proyek tersebut.

Menara Jakarta yang dibangun setinggi 558 meter itu bakal mengalahkan CN Tower di Toronto, Kanada (553 m), Oriental Pearl Tower, Shanghai, China (460 m), dan KL Tower, Kuala Lumpur, Malaysia (421 m).

”Menara Jakarta akan menjadi bangunan telco dan broadcast tertinggi dunia, menjadi pendukung sistem telekomunikasi dan penyiaran dengan antena di puncak menara sebagai shared facility,” kata Roesdiman. PT Telkom akan memiliki kantor di sini.

Menara Jakarta akan menjadi pusat jaringan di bidang teknologi komunikasi dan informasi dengan data center dan disaster recovery center, serta mendukung fungsi pemonitoran bagi TNI/Polri dengan surveillance camera.

Di sini akan dibangun pusat bisnis internasional, dilengkapi perkantoran, hotel, pusat gaya hidup, dan gedung multifungsi. Untuk mendukung pariwisata, dibangun dek observasi dan restoran berputar. Juga wahana edutainment ”Indonesia Discovery” yang memaparkan sejarah, keragaman budaya, dan kekayaan alam Indonesia, yang dikemas secara audio visual dengan media berteknologi modern. (KSP)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com