Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Gazebo Mungil di Taman Depan

Kompas.com - 08/01/2009, 10:41 WIB

ORANG sering beranggapan, gazebo hanya mungkin dibangun jika kita mempunyai halaman yang luas. Anggapan ini tidak seluruhnya benar. Gazebo bergaya etnik Bali ini berada di halaman depan rumah yang ukurannya hanya sekitar 4,5 m x 4 m.

Gazebo ini berbentuk panggung dengan ketinggian 40 cm dari permukaan lantai halaman. Strukturnya menggunakan fondasi setempat. Letaknya di bagian bawah tiap kolom. Bahan batu kali untuk fondasi tampil serasi dengan lantai halaman yang diperkeras dengan batu kali.

Material utama gazebo adalah bahan-bahan alami berupa kayu dan batu alam. Tiangnya menggunakan kayu kelapa yang mendapat finishing pelitur. Sementara, lantai menggunakan kayu kamper yang dilapis plastik. Pelapis itu sama dengan yang biasa digunakan untuk pelapis meja makan. Pelapisan berguna untuk memudahkan perawatan.

Bahan pembatas (railing) gazebo juga menggunakan kayu kamper. Hal yang menarik adalah pembatas gazebo juga berfungsi sebagai sandaran dudukan saat kita duduk di gazebo. Pembatas ini dibuat sedikit miring, tidak tegak lurus, sehingga duduk menjadi lebih nyaman.

Seperti gazebo gaya Bali lainnya, atap gazebo ditutup dengan alang-alang. Sedangkan pada bagian puncak atap menggunakan hiasan khas berupa mahkota. Hal yang membedakan dari gazebo Bali lainnya adalah adanya tambahan hiasan ornamen motif ukiran Bali pada bagian lisplang atap. Ornamen ukiran ini dicat keemasan sehingga tampil menonjol.

iDEA (*)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com