Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sejukkan Ruang, Tampilan Menawan

Kompas.com - 02/01/2009, 08:01 WIB

TAMPILAN rumah yang alami ala pedesaan, bisa diwujudkan dengan membuat dinding dengan mengekspos bata merah. Tidak hanya di Indonesia, di Eropa dan Amerika pun, rumah-rumah bergaya country banyak mengaplikasikan dinding bata yang sengaja dibuat telanjang ini.

Selain memberikan tampilan bergaya country, bata merah rupanya juga dapat menurunkan suhu ruangan. Jika temperatur sekitar cukup tinggi, bata dapat menyerapnya, sehingga ruang adem saat musim panas.

Sebaliknya pada musim hujan atau musim dingin, ruangan tidak akan terasa terlalu dingin. Hal ini dikarenakan panas ruangan dapat diredam oleh batu bata, sehingga tak mudah merambat ke luar ruangan.

Mengejar Tampilan

Membuat dinding bata yang diekspos banyak dilakukan untuk mengejar tampilan yang estetis. Warna dan tekstur bata itu dianggap dapat membuat ruang bergaya country atau bergaya pedesaan.

Tentu saja, untuk  mebuat bata itu terlihat indah, ada beberapa hal penting yang perlu diperhatikan.

Untuk memperoleh dinding bata ekspos yang rapi, perlu hati-hati dalam proses pemasangan. Tidak boleh sekedar memasang bata, terus mengeksposnya. Karena ini berakibat tampilan tak indah dan rapi.

Langkah pertama yang perlu dilakukan adalah memilih bata. Pilih yang teksturnya seragam, begitu juga warnanya. Tentu untuk urusan ini tergantung dari tampilan apa yang diinginkan setelah bata itu terpasang.

Selanjutnya, proes pemasangan. Bata ekspos tidak lagi diplester, sehingga ketika memasang, harus cermat dalam hal menjaga kebersihan bata. Bata yang terkena semen, bakal susah kembali ke tampilan aslinya. Hal ini tentu dapat mengurangi keindahan bata setelah terpasang pada dinding.

Jika memang merasa sulit untuk membuat dinding dengan konsep ekspos dari  bata alami, dapat pula dipergunakan bata dekoratif. Bata ini memiliki warna dan tekstur yang sama persis dengan bata biasa. Ia terbuat dari tanah liat yang dipanaskan pada suhu 1.000-1.300 derajat celcius.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com