Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kaca Sebagai Pagar Pembatas

Kompas.com - 23/12/2008, 08:14 WIB

TANPA mengesampingkan sifatnya yang mudah pecah, kaca dapat dipergunakan sebagai pagar pembatas. Tentu saja, untuk menjadikannya aman, kaca perlu diperlakukan secara khusus.

Pilihan jenis kaca menjadi sangat vital. Hanya kaca yang memiliki ketebalan minimal 10mm yang dapat dipergunakan. Itu pun sebaiknya dari jenis kaca tempered. Agar lebih aman lagi, pilihlah kaca yang telah dilaminasi, sehingga kekuatannya lebih baik.

Agar fungsinya sebagai pagar pembatas dapat maksimal, kaca sebaiknya tidak berdiri sendiri. Kaca sebaiknya dibingkai atau bertumpu pada rangka besi atau beton. Selain itu juga perlu diperhatikan panjang bentangannya. Semakin panjang bentangan, semakin riskan kondisi kaca. Rata-rata untuk digunakan sebagai pagar pembatas, bentangan maksimal kaca sebaiknya tak lebih dari 3m.

Terpasang pada rangka besi atau beton, kaca pun sebaiknya terikat rapat. Untuk itu kaca dapat dipasang pada sekonengan yang ada pada rangka. Setelah kaca ditempatkan di sana, celah antara kaca dengan rangkanya harus di-sealent. Ini menjaga agar kaca tak bergerak sehingga meminimalkan risiko pecah.

Selain dengan cara memasangnya langsung pada rangka, kaca juga dapat dipasang dengan pengait. Cara ini lebih praktis, namun memiliki tingkat risiko lebih tinggi. Hanya sebagian kecil bagian kaca yang terikat pada rangka.  Dan ini dapat menjadikan kaca mudah pecah.


Whery/*

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com