Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Belokkan Jalur KA Bandara ke Pluit

Kompas.com - 21/05/2008, 20:44 WIB

JAKARTA, RABU- Gubernur DKI Jakarta Fauzi Bowo secara resmi telah meminta kepada Menteri Perhubungan agar membelokan jalur kereta ke Bandara Soekarno-Hatta ke Pluit, tepatnya di Pluit Junction. "Kami berkeinginan nantinya ada city terminal di Pluit Junction, sehingga warga Pluit yang akan ke bandara tidak perlu menggunakan mobil pribadi," kata Fauzi Bowo saat meresmikan beroperasinya Pluit Junction, Rabu (21/5).

Menurut Fauzi Bowo yang akrab disapa Foke itu, keberadaan kereta api akan melengkapi fasilitas informasi penerbangan dan "City Check In Terminal (CCIT) yang akan dibangun secara bertahap di lokasi Pluit Junction. "Dengan kereta api untuk menuju bandara akan dapat ditempuh dalam waktu 10-15 menit, sehingga akan dapat mengurangi kepadatan lalulintas dari Pluit menuju Bandara maupun sebaliknya," katanya.

Gubernur berpesan agar Estate Management (pengelola) Pluit Junction dapat memberikan pelayanan terbaik baik kepada penyewa (tenant) maupun pelanggan (customer) agar jangan sampai ditinggal karena turunnya pelayanan.

Gubernur juga minta kepada PT Jakarta Propertindo (BUMD) selaku
pengembang Pluit Junction dapat menangkap peluang pasar di kawasan Pluit, mengingat proyek ini merupakan hasil pendanaan sendiri. "Saya berharap apa yang dilakukan PT Jakarta Propertindo dapat diikuti BUMD di bawah Pemprov DKI Jakarta agar dapat melaksanakan pendanaan sendiri. Jangan hanya mengandalkan kepada APBD," kata Fauzi Bowo.

Direktur Utama PT Jakarta Propertindo, IGKGB Suena pada kesempatan tersebut mengatakan, Pluit Junction yang dilengkapi 100 unit toko menyerap 1.500 tenaga kerja serta jumlah pengunjung rata-rata 15.000 per hari. Menurut dia, sampai dengan 14 Mei tingkat hunian sudah mencapai 80 persen, sebagian sudah beroperasi, serta sebagian lagi sedang dalam tahap persiapan diharapkan dalam waktu dekat sudah buka toko.

"Kami optimis lokasi ini sangat diminati karena dilengkapi dengan fasilitas internet gratis melalui jaringan Wi Fi yang ada di dalam gedung serta fasilitas bus untuk antar jemput menuju bandara," katanya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com