Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Thamrin Nine Akan Miliki Gedung Tertinggi di Indonesia

Kompas.com - 18/07/2013, 19:37 WIB
Hilda B Alexander

Penulis


JAKARTA, KOMPAS.com —
Kompleks Thamrin Nine yang dikembangkan PT Putragaya Wahana bakal memiliki menara tertinggi di Indonesia. Setidaknya sebelum Signature Tower yang dikembangkan Grahamas Adisentosa terealisasi. Signature Tower menjulang 638 meter yang mencakup 111 lantai.

Menara di Thamrin Nine terdiri atas 71 lantai dengan ketinggian mencapai 330 meter. Ketinggian ini mendapuknya sebagai supertall sesuai dengan ketentuan yang ditetapkan oleh Council on Tall Buildings and Urban Habitat (CTBUH).

Project Manager Putragaya Wahana, Tony Lie, mengatakan satu menara tersebut terbagi atas dua fungsi yakni perkantoran dan hotel. Perkantoran menempati 45 lantai pertama, sedangkan hotel menempati lantai 46 ke atas.

"Ruang-ruang perkantorannya akan disewakan dalam mata uang dollar AS. Besarannya masih kami hitung. Meski belum mendapat harga sewa pasti, namun banyak perusahaan terutama sektor keuangan yang telah menjajaki untuk mengisi perkantoran ini," papar Tony kepada Kompas.com, di Jakarta, Kamis (18/7/2013).

Sementara hotelnya akan terdiri atas 200 kamar. Putragaya Wahana menggandeng jaringan internasional beken, Grup Hilton Hotels and Resorts untuk mengelola hotelnya.

Adapun brand yang mereka bawa, menurut Marketing & Promotion Manager Putragaya Wahana, Grace Tjugiarto, merupakan brand paling mewah.

"Kami belum dapat mempublikasikannya karena terikat dan untuk menghormati perjanjian dengan mereka. Satu yang pasti, brand yang akan menjadi operator hotel ini adalah yang paling luks di antara sekian banyak bendera yang mereka miliki," ujar Grace.

Sebagai informasi, brand supermewah yang dimiliki Hilton Hotels and Resorts adalah Conrad dan Waldorf Astoria.

Thamrin Nine sendiri merupakan proyek multifungsi yang berlokasi di Jl Thamrin, Jakarta Pusat. Properti existing yang telah beroperasi adalah UOB Plaza. Ekspansi Thamrin Nine terdiri atas 4 gedung apartemen dan dua menara perkantoran yang dilengkapi dengan podium ritel. Konstruksi terbagi dalam dua tahap pengembangan.

Tahap pertama yang akan dibangun adalah satu menara perkantoran 71 lantai setinggi 330 meter lengkap dengan 200 kamar hotel dan 3 bangunan apartemen, dan rencana dibuka kuartal 4 tahun 2016. Sementara itu, tahap kedua terdiri atas satu bangunan apartemen dan satu menara perkantoran. Targetnya, keseluruhan proyek ini tuntas pada 2018 mendatang.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com