Selasa, 2 September 2014
AROMATERAPI
Menghilangkan Stres di Kamar Tidur
Rabu, 14 November 2012 | 17:02 WIB
|
Share:
www.houzz.com
Ada beragam manfaat aromaterapi jika Anda ingin menghadirkannya di ruang tidur Anda.

KOMPAS.com - Suasana hati yang tenang tak melulu harus didapatkan dengan perjalanan wisata. Cara nyaman dan terbilang murah adalah dengan menyediakan aroma terapi di ruang pribadi Anda, yaitu kamar tidur.

Aromaterapi dikenal sebagai salah satu cara terapi kesehatan yang aman dan nyaman dengan menggunakan minyak esensial atau sari pati hasil ekstrak bunga, daun, buah dan bagian lain tumbuh-tumbuhan. Senyawa aromatik yang menjadi kandungan utamanya dapat mempengaruhi suasana hati atau kesehatan.

Ada beragam manfaat aromaterapi jika Anda ingin menghadirkannya di ruang tidur Anda. Beberapa di antaranya yang utama adalah:

- mempercepat peremajaan kulit melalui minyak esensial yang meresap ke dalam kulit sehingga meningkatkan aliran darah.

- mencegah timbulnya berbagai penyakit karena bersifat antibakteri.

- menetralkan ketegangan dan mengurangi stres.

- memberi kenyamanan (relaxing) melalui aroma minyak esensial yang terhirup.

- menormalisasi metabolisme dan meningkatkan vitalitas.

- membantu mengatur keseimbangan tubuh dan menstimulasi proses terapi.

Kiranya, dengan beragam manfaat tersebut, aromaterapi memiliki berbagai jenis aroma. Berikut masing-masing aroma dalam aromaterapi yang memiliki berbagai manfaatnya:

- Aromaterapi basil; membantu mengatasi sakit perut, kejang otot dan pegal linu, masalah pernafasan, flu dan demam, lelah mental, sakit kepala, sulit konsentrasi, dan mudah gugup.

- Aromaterapi cedarwood; membantu mengatasi infeksi pernafasan dan saluran kencing, menyegarkan kulit berminyak dan pori-pori tersumbat, ketombe, serta gatal-gatal.

- Aromaterapi chammomile roman; membantu mengatasi permasalahan kulit sepeti jerawat, alergi, bekas luka bakar, eksim, serta peradangan kulit lainnya.

- Aromaterapi clove; mengurangi rasa sakit gigi, diare, kudis, kurap, serta kadas.

- Aromaterapi cubeb; membantu mengatasi penyakit anoreksia.

- Aromaterapi sypress; membantu mengatasi tekanan darah rendah, sistem sirkulasi, wasir, selulit, serta mengurangi keringat yang berlebihan dan dari dalam tubuh. (ACH)

Baca juga:

Buatlah Kamar Tidur Seseksi Diri Anda!

Hemat Ruang di Kamar Tidur Mungil

Sumber :
Kompas Klasika

Editor :
Latief