Minggu, 21 Desember 2014
PERUMAHAN PRAJURIT
Presiden: Wujudkan Perumahan Prajurit TNI!
Penulis : M Latief | Jumat, 5 Oktober 2012 | 14:17 WIB
|
Share:
SURYA/SUGIHARTO
Dalam dua tahun ke depan, pemerintah berencana membangun perumahan prajurit TNI dalam skala besar sebagai salah satu upaya meningkatkan kesejehteraan prajurit.

JAKARTA, KOMPAS.com — Presiden Susilo Bambang Yudhoyono mengatakan, dalam dua tahun ke depan, pemerintah berencana membangun perumahan prajurit TNI dalam skala besar sebagai salah satu upaya meningkatkan kesejahteraan prajurit.

Tidak boleh lagi muncul persoalan tentang hak penggunaan rumah dinas di lingkungan TNI sebagaimana terjadi saat ini.
-- Presiden Susilo Bambang Yudhoyono

"Dalam pelaksanaannya, saya minta Menteri Pertahanan, Panglima TNI, dan tiga Kepala Staf Angkatan dapat bersinergi dan bekerja sama dalam mewujudkannya," kata Presiden dalam pidato kenegaraannya pada Peringatan HUT Ke-67 TNI, di Lanud Halim Perdanakusuma, Jakarta Timur, Jumat (5/10/2012).

Menurut Kepala Negara, dalam pembangunan perumahan itu, TNI bisa melibatkan Satuan Zeni TNI Angkatan Darat agar pembangunannya lebih cepat dan lebih efisien dengan tetap menjaga kualitas bangunan.

"Ke depan, saya juga berharap aturan tentang penggunaan rumah dinas TNI ini ditetapkan dengan jelas dan tegas. Tidak boleh lagi muncul persoalan tentang hak penggunaan rumah dinas di lingkungan TNI sebagaimana terjadi saat ini," kata Presiden.

Presiden Yudhoyono mengatakan, pemerintah terus berupaya meningkatkan kesejahteraan prajurit seiring dengan upaya pemerintah untuk memajukan kesejahteraan seluruh rakyat Indonesia. Pemerintah terus meningkatkan alokasi anggaran bagi kesejahteraan prajurit secara berkelanjutan.

Sebelumnya, Kepala Staf Angkatan di tiga matra TNI telah mengeluarkan aturan ketat dalam penggunaan rumah dinas. Hal itu karena persoalan penggunaan rumah dinas kerap menjadi batu kerikil bagi anggota TNI yang sudah memasuki masa pensiun.

"Kami sudah mengeluarkan peraturan rumah dinas yang ketat agar ke depan tak akan ada lagi persoalan," ujar Kepala Staf TNI Angkatan Darat Jenderal TNI Pramono Edhie Wibowo, di Bandara Halim Perdanakusuma, Jakarta, Rabu (3/10/2012).

Sementara itu, anggota Komisi I DPR, Susaningtyas Kertopati, mengatakan, peningkatan kesejahteraan prajurit penting dilakukan untuk menjaga semangat juang dan mendorong peningkatan kinerja para prajurit TNI.

"Bayangkan saja, alutsista kita canggih dan mahal, tetapi awaknya hidup tidak layak karena rumah prajurit dan kesejahteraannya masih belum baik. Bagaimana prajurit punya peran perjuangan yang mantap," katanya. 

Seperti pernah diberitakan sebelumnya, Menteri Perumahan Rakyat Djan Faridz dan KSAD Jenderal TNI Pramono Edhie Wibowo meresmikan Rumah Susun Sewa Kodam III Siliwangi di Jalan Sumarsana kawasan Patrakomala Kota Bandung, Jumat (9/3/2012). Program pembangunan rumah susun ini juga sudah dilakukan bekerja sama dengan Polri.

"Rumah susun sewa ini merupakan lanjutan dari program Kementerian Perumahan Rakyat dalam memfasilitasi pengadaan dan pembangunan perumahan untuk prajurit TNI. Sebelumnya sudah dilakukan di beberapa Kodam lainnya," kata Djan Faridz.


Sumber :
ANT

Editor :
Latief