Rabu, 22 Oktober 2014
MENATA KAMAR
Saatnya Si Kecil Merengek Minta Kamar....
Rabu, 19 September 2012 | 17:03 WIB
|
Share:
www.houzz.com
Anda dapat membuat sebuah ruangan khusus untuk belajar yang terpisah dengan ruang tidur. Jika tidak memungkinkan, Anda bisa memasukkan meja belajar ke kamar tidur.

KOMPAS.com - Si kecil mulai beranjak dewasa? Tentu, menjadi momentum menyenangkan bisa melihat anak tumbuh dan semakin besar.

Namun, seiring perkembangan fisik dan mentalnya, Anda pun berhadapan dengan kebutuhan-kebutuhan mereka yang kian beragam. Jika sebelumnya mereka tidak rewel harus tidur sekamar berdua, kini mulai ada yang menuntut memiliki kamar sendiri. Padahal, tinggal di kota besar seperti Jakarta, setiap jengkal lahan harganya kian melambung.

Tak ada pilihan, Anda memang harus pandai-pandai memanfaatkan ruang yang telah ada. Namun, sebelum mulai menuruti kata si kecil, sebaiknya Anda perhatikan dahulu kebutuhannya.

Memang, Anda harus demikian. Anak-anak yang sedang dalam usia pertumbuhan sangat mudah tertarik pada hal-hal baru yang dilihatnya atau dari cerita teman-temannya. Mungkin, mereka melihat film di televisi yang menampilkan kehidupan anak-anak di luar negeri dan ingin menirunya.

Tapi, tentu tidak semuanya sesuai dengan kondisi kita di Indonesia. Tugas utama seorang anak ialah belajar. Oleh karena itu, tempat belajar yang memadai harus mendapatkan prioritas.

Anda dapat membuat sebuah ruangan khusus untuk belajar yang terpisah dengan ruang tidur. Jika tidak memungkinkan, Anda bisa memasukkan meja belajar ke kamar tidur.

Hal terpenting adalah mengatur agar meja belajar memperoleh cahaya secara cukup sehingga tidak melelahkan matanya ketika sedang belajar. Ada baiknya, arah cahaya datang dari sisi kiri karena tidak akan tertutup tangan ketika sedang menulis.

Anak yang sedang bertumbuh biasanya mencari-cari sosok ideal bagi dirinya. Maka, jangan heran, jika anak senang mengidentifikasikan dirinya dengan tokoh-tokoh idola. Alhasil, dinding kamar pun akan dipenuhi bermacam poster aneka ukuran. Anda pun sebaiknya memperhatikan hal ini agar tidak sampai mengganggu kenyamanan ruangan.

Tentunya, ruang yang dipenuhi terlalu banyak pernak-pernik akan terkesan gelap dan dapat memecah konsentrasi ketika sedang belajar. Agar kamar terkesan lebih luas, Anda dapat memilih perabot yang bahan dasarnya memberi kesan ringan dan terang. Misalnya, perabot dari bahan teak plywood atau kayu ramin atau kayu peti kemas yang telah diserut halus. (ACA)

Sumber :
Kompas Klasika

Editor :
Latief