Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 19/09/2012, 14:58 WIB

KOMPAS.com - Bagi banyak keluarga muda yang baru mulai menata rumah tangga, memiliki rumah kecil di kawasan suburban barangkali sudah merupakan prestasi. Siapa bilang rumah kecil harus minim dalam berbagai hal?

Sebaliknya, jiwa muda yang memiliki hasrat besar seharusnya dapat membuat rumah kecil menjadi "padat". Meskipun kecil, sebuah rumah dapat menjadi tempat melakukan berbagai kegiatan, mulai dari pekerjaan rumah tangga seperti memasak, mencuci, dan menyetrika hingga menghibur diri.

Memanfaatkan berbagai peralatan rumah tangga serba modern seperti mesin cuci, lemari es hingga peranti audio-video dapat menjadi alternatif. Jangan dikira dengan membeli semua perlengkapan tersebut, pengeluaran bulanan Anda membengkak. Sebaliknya, banyak hal bisa dihemat.

Untuk hiburan misalnya, dengan memiliki home theatre di rumah, Anda tak perlu lagi pergi ke bioskop. Untuk kualitas gambar dan suara tidak menjadi masalah karena teknologi terkini dari produk home theatre yang mereka miliki tidak kalah dengan tata suara di gedung bioskop. Barangkali, hal yang membedakannya hanya suasana mengantre karcis.

Bagi pehobi memasak, kesibukan kerja sehari-hari mungkin membuat Anda tidak bisa sering-sering mencoba resep-resep masakan terbaru. Kesempatan itu biasanya tiba di akhir pekan.

Untuk itu, penggunaan peralatan masak serba praktis dan efisien membuat Anda tidak perlu repot-repot memasak. Pada pekerjaan sederhana, seperti air panas, cukup menggunakan water pot yang secara otomatis menjaga air tetap panas. Dengan demikian, setiap kali hendak menyeduh kopi atau teh, Anda tidak perlu lagi lekas-lekas menjerang air.

Rice cooker, microwave, dan magic jar yang Anda miliki membuat kegiatan memasak menjadi pekerjaan mudah dan mengasyikkan. Begitu praktis dan efisiennya penggunaan alat-alat tersebut, dua pekerjaan rumah tangga lainnya bisa dilakukan dalam waktu bersamaan. Misalnya, ketika sedang memasak dengan microwave yang menggunakan alat pengatur waktu otomatis, waktu lainnya masih bisa diisi dengan menyiangi bahan-bahan makanan lain sebelum dimasak.

Penggunaan peralatan masak-memasak modern ini juga akan menghemat tempat karena sebuah alat bisa memiliki dua atau tiga fungsi. Hemat, praktis, dan efisien, bukan? (ACA)

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com