Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bahkan, Mayones Bisa Jadi Pembersih Perabot!

Kompas.com - 12/09/2012, 16:55 WIB

KOMPAS.com - Membersihkan rumah dengan cairan pembersih, sabun, atau bahan-bahan kimia lainnya sudah umum dilakukan. Selain teh, ada beberapa cara dan bahan lain bisa dimanfaatkan untuk membersihkan rumah dan perabotan Anda?

Cara lain ini memang melibatkan bahan-bahan yang tidak biasa. Namun, bahan-bahan ini tetap efektif, dan tidak ada salahnya dicoba. Berikut ini "bahan pembersih" yang unik dan jarang digunakan:

Serbuk gergaji

Gunakan serbuk gergaji untuk membersihkan lantai dari semen atau ubin. Untuk menghindarkannya dari kusam dan noda, tuangkan sedikit minyak tanah pada serbuk gergaji, lalu gosokkan serbuk tersebut ke seluruh lantai bernoda dengan memakai kain pel.

Ulangi penggosokkan sampai noda benar-benar hilang. Selanjutnya, biarkan serbuk mengering, kemudian bersihkan dengan sapu. Lantai ubin atau semen akan mengkilap dan bersih.

Belimbing wuluh

Jika memiliki keramik yang bernoda, Anda bisa menggunakan belimbing wuluh untuk menghilangkan noda tersebut. Anda hanya perlu menggosokkan bagian dalam belimbing wuluh pada bagian yang bernoda.

Setelah itu, diamkan selama sepuluh menit, lalu sikat menggunakan sikat biasa atau sikat gigi. Kemudian, lap dengan lap basah. Lantai keramik pun bersih kembali.

Mayones

Mayones tak hanya enak disantap dengan sushi atau kentang goreng, karena ternyata dapat dimanfaatkan sebagai bahan pembersih. Untuk perabotan Anda yang terendam banjir, Anda dapat menggunakan trik sederhana ini. Mula-mula, bersihkan perabot yang ternoda air banjir, lalu oleskan mayones tanpa rasa pada bagian bernoda dengan menggunakan lap lembut.

Setelah itu, gosok-gosok perabotan tersebut dengan agak sedikit ditekan. Setelah kering, gosok lagi dengan lap bersih.

Minuman berkarbonasi

Jika Anda membayangkan bahwa minuman berkarbonasi terlalu "kuat" untuk Anda minum, Anda mungkin benar. Minuman kola berkarbonasi dapat Anda manfaatkan untuk membersihkan panci yang mengerak. Bahkan, kola juga dapat menghilangkan noda, membersihkan toilet, menghilangkan karat, dan membersihkan kaca.

Namun, pastikan bagian yang kotor atau terkena noda terendam atau setidaknya Anda berikan banyak kola. Kola dapat memecah-mecah partikel karat dan kotoran sehingga mudah diseka dan dibersihkan. Memang, citric acid yang terkandung dalam kola membuatnya menjadi pembersih kaca yang efektif.

(Sumber: http://www.boldsky.com)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com