Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Yuk, Manfaatkan Kredit Tanpa Agunan!

Kompas.com - 16/04/2012, 12:38 WIB

KOMPAS.com - Tanpa mengeluarkan modal, Anda pun sebetulnya tetap bisa berinvestasi rumah atau produk properti lainnya. Misalnya, Anda dapat memanfaatkan pinjaman tanpa jaminan atau sering juga disebut Kredit Tanpa Agunan (KTA).

Kredit tanpa agunan merupakan fasilitas pinjaman perbankan tanpa ada aset yang dijadikan jaminan atas pinjaman tersebut. Karena tanpa jaminan, maka keputusan pemberian kredit berdasarkan riwayat kredit pemohon secara pribadi. Artinya, kemampuan pemohon melaksanakan kewajiban pembayaran kembali suatu pinjaman adalah pengganti jaminan.

Namun, karena tidak adanya jaminan yang berwujud membuat fasiltas pinjaman ini dibatasi nilai pinjamannya. Alasannya, karena tidak ada harta yang dijaminkan membuat bank akan menanggung risiko pemberi pinjaman semakin tinggi. Selain itu, jangka waktu kreditnya juga dibatasi agar tidak terlalu panjang antara 1 sampai 3 tahun.

KTA dapat diajukan oleh siapa saja, baik karyawan, profesional, maupun wirausahawan. Fasilitas ini dapat Anda manfaatkan untuk tujuan konsumtif seperti membayar biaya pendidikan, membiayai pernikahan, atau merenovasi rumah.

KTA juga bisa dimanfaatkan untuk tujuan produktif, seperti membiayai modal awal usaha, membeli persediaan barang dagangan, membeli perlengkapan kantor atau untuk menutupi kekurangan dana dari pinjaman lain saat membeli rumah. Misalnya, bila Anda hendak membeli rumah baru secara KPR (Kredit Pemilikan Rumah), bank biasanya tidak mau membiayai seluruhnya. Bank akan meminta Anda membayar uang muka sebesar 30%, kemudian sisanya akan dibiayai oleh bank. Bila Anda tidak memiliki uang muka 30% itu, Anda bisa mendapatkannya dengan mengambil KTA.

Tertarik?

(Sumber: Sukses Membeli Rumah Tanpa Modal, Supriyadi Amir/Laskar Aksara)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com