Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Menpera Usulkan Kenaikan Harga Rumah Bervariasi

Kompas.com - 31/03/2012, 05:16 WIB

MANADO, KOMPAS.com - Menteri Perumahan Rakyat (Menpera) Djan Faridz mengusulkan kenaikan harga rumah secara bervariasi. Sebelumnya, Menpera mengupayakan rumah bebas Pajak Pertambahan Nilai (PPN) harganya naik  menjadi Rp 70 juta ke atas.

"Menpera tengah mengusulkan kenaikan harga rumah bebas PPN tergantung wilayahnya," kata Setyo Maharso, Ketua Umum DPP Realestat Indonesia (REI) kepada wartawan dalam kegiatan media gathering menyambut HUT REI ke 40 di Manado, Sulawesi Utara, Jumat (30/3/2012).

Setyo mengatakan harga rumah bebas PPN tersebut untuk wilayah Sumatera, Kalimantan dan Jawa sebesar Rp 88 Juta. Untuk Sulawesi, Batam, dan Bali sebesar Rp 95 Juta, dan Papua sebesar Rp 145 Juta. "Karena harga rumah di tiap wilayah itu berbeda-beda," ujarnya.

Sebelumnya, Kemenpera telah menetapkan harga rumah sejahtera tapak dengan fasilitasi likuiditas pembiayaan perumahan (FLPP) sebesar Rp 70 juta dengan besaran suku bunga 7,25 persen dari sebelumnya 8,15 persen.

Rumah ini dapat diangsur sebesar Rp 575.00  dari sebelumnya Rp 625.000, dengan biaya saat pertama akad kredit Rp 7.615.000. Dalam pelaksanannya, pengembang mengaku kesulitan merealisasikan rumah tipe 36 dengan harga Rp 70 Juta.

"REI tetap memegang komitmen untuk masyarakat berpenghasilan rendah (MBR). Tapi memang harganya harus disesuaikan wilayah. Rumah Rp 70 Juta tipe 36 itu tidak ada stoknya," ujarnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com