Senin, 20 Oktober 2014
JENDELA
Merawat Jendela Kayu dari Lapuk dan Rayap
Penulis : Natalia Ririh | Kamis, 29 Desember 2011 | 11:09 WIB
|
Share:
shutterstock
Langkah paling praktis merawat kayu dari pelapukan ialah dengan memberikan lapisan akhir berupa cat.

KOMPAS.com - Di daerah beriklim tropis, jendela rumah kerap kali menghadapi masalah pelapukan dan serangan rayap. Untuk menjaganya tetap cantik, Anda perlu menerapkan beberapa teknik perawatan.

Untuk menghindari kelapukan, jika material jendela Anda ada yang terbuat dari kayu dan sering terkena air hujan, sebaiknya pilih kualitas kayu dengan tingkat keawetan tinggi. Langkah paling praktis merawat kayu dari pelapukan ialah dengan memberikan lapisan akhir berupa cat.

Lapisan cat akan sedikit banyak menutupi pori-pori kayu sehingga air tidak mudah meresap ke dalamnya. Untuk menghemat, lapisi material jendela kayu dengan cat tembok sebelum dicat dengan cat kayu biasa.

Cari cat tembok dengan warna senada dengan cat kayu yang akan Anda pakai. Setelah itu, baru dilapisi cat kayu.

Sementara itu, untuk menghindari rayap, paling tidak ada dua cara bisa Anda lakukan. Cara pertama dikenal dengan upaya preventif, yaitu melapisi kayu yang akan diolah menjadi jendela dengan cairan khusus antirayap.

Cara kedua atau cara tradisional, seperti mengapur kayu, dapat dijadikan pilihan cerdik. Kapur akan mengeluarkan hawa panas yang membuat rayap tidak bisa hidup di dalamnya.

(Sumber: Seri Rumah Ide/Imelda Akmal Architecture Writer Studio/Gramedia Pustaka Utama)


Editor :
Latief