Senin, 24 November 2014
TAMAN
Khusus yang Sibuk, Kedua Taman ini Boleh Dicoba
Penulis : Natalia Ririh | Sabtu, 22 Oktober 2011 | 01:54 WIB
|
Share:
shutterstock
Taman Minimalis erat kaitannya dengan rumah minimalis yang terkendala oleh lahan terbatas.

KOMPAS.com - Keberadaan taman begitu penting sebagai elemen kesegaran dan sentuhan hijau di lingkungan rumah. Jika Anda memang termasuk orang yang super sibuk, dua jenis taman ini bisa Anda pilih untuk menyegarkan hunian.

Taman Minimalis

Taman Minimalis erat kaitannya dengan rumah minimalis yang terkendala oleh lahan terbatas. Bagi Anda yang sibuk bekerja, taman ini mudah perawatannya sebab tak memerlukan aktivitas tinggi karena konsep taman ini hanya bersih dan rapi.

Untuk jenis tanamannya, Anda bisa menggunakan jenis tanaman tropis. Namun, agar terkesan menarik, jangan menambah banyak material hardscape.

Tanaman yang ringan, tidak rimbun, dan dengan ranting teratur cocok untuk jenis taman minimalis. Jenis-jenisnya seperti Bambu Buda Belly (Bambusa tuldoides 'Ventricosa'), Mimosa Silver (Acacia podalyriifolia), Tabebuia (Tabebuia aurea), Smak/Per.du Carrubean Copper Plant (Euphorbia cotinifolia), Siklok (Agave attenuata).

Taman Kering

Seperti namanya, taman ini tidak membutuhkan banyak air. Taman kering merupakan alternatif taman dalam rumah pengganti taman "basah" atau bersentuhan langsung dengan tanah dengan perawatan seperti pengairan rutin.

Taman ini cocok untuk Anda yang tak sempat melakukan perawatan dan penyiraman rutin setiap hari. Karena cenderung kering, taman ini bisa diletakkan di dalam rumah, seperti di sebelah ruang makan, dekat dapur, samping ruang keluarga, juga sebagai taman belakang rumah.

Taman seperti ini bisa dibuat dengan menempatkan material seperti batu-batu alam, kerikil, koral sebagai pengganti rumput. Adapun tanaman yang tepat untuk taman kering ini disarankan jenis tanaman yang kuat dengan paparan banyak sinar matahari, minim siraman air setiap hari, serta memiliki kelembaban yang cukup, seperti Agronema, Diffen, Pandan Bali, Palem kuning, Anthurium, berbagai jenis kaktus dan lidah mertua.

Agar semakin menambah eksotika taman, Anda bisa menambahkan aksesoris seperti bangku taman, pot unik, atau pancuran dari bambu.

Sumber :
Berbagai Sumber

Editor :
Latief