Rabu, 26 November 2014
Kolom Steven
Posisi Kolam Ikan Koi dan Keberuntungan
Rabu, 18 Mei 2011 | 17:28 WIB
|
Share:
Dok Hokiplus/Steven Eric Lazuardi
Kolam Ikan Koi dan Keberuntungan

KOMPAS.com - Perkembangan pecinta ikan Koi di Indonesia menunjukkan angka kemajuan yang sangat pesat. Dinaungi APKI (Asosiasi Pecinta Koi Indonesia) kini sudah memiliki 22 klub pecinta koi di berbagai provinsi yang tersebar di Indonesia.

Sebanyak 19 peternak ikan koi (koi Breeder), enam importir ikan koi asal Jepang (negara asli penghasil ikan jenis ini), serta 19 dealer ikan koi. Mereka berupaya keras menghasilkan jenis-jenis ikan koi terbaik.

Adapun beberapa varietas atau jenis ikan yang terkenal seperti corak Merah Putih dikenal dengan sebutan Kohaku, merah putih hitam dikenal dengan sebutan Taisho Sanshoku atau pun dengan pola hitam yang lebih agak dominan dikenal dengan sebutan Showa Sanshoku, serta corak Hitam Putih yang dikenal dengan sebutan Shiro Utsuri, yang mana di golongkan menjadi empat besar (Goyungke) hingga kerap menjadi Primadona dalam setiap Lomba Ikan Koi di Tanah Air.

Sebutlah Tancho. Varietas ini juga cukup dikenal karena memiliki pola bulat Merah dibagian kepala ikan koi ini saja, hal tersebut diindentikan dengan bendera kebangsaan negri asalnya Sakura (Jepang) .

Ada lagi Karashi dan Chagoi, jenis ikan koi ini dikenal karena memiliki warna yang unik yaitu kuning (coklat merah tembaga untuk jenis chagoi) sedang keunikan jenis ikan koi ini adalah cepat sekali mencapai ukuran besar serta lebih jinak ,dalam kurun waktu yang relatif singkat dengan rekor pencapaian panjang hingga 100 cm lebih ,yang kadang melewati ukuran panjang ikan koi pada umumnya.

Ikan Koi merupakan ikan komunitas dimana ikan ini hidup dalam satu kesatuan ,tidak saling memangsa menyerang satu sama laini. Julukan Living Jewellery pun di sandangnya karena Keindahan warna ,bentuk tubuh ,serta gaya renang yang elegan ikan Koi sangat menarik bila disimak terus menerus.

Tak dapat di pungkiri Ikan koi memang dapat merubah suasana menjadi indah rumah atau tempat dimana ikan koi ini di pelihara menuju kepada keindahan , keceriaan, serta estetika.

Beberapa tips untuk memilih ikan koi yang berkualitas, apabila hendak membeli dan memeliharanya di kediaman ( singgasana) kita yaitu:

1. Proporsional tubuh, hal mencakup keserasian / keseimbangan ikan koi mulai dari mulut ikan hingga ujung ekor, bentuk tubuh ideal pada ukuran besar menyerupai torpedo (kapal selam) yang menjadi tujuan akhir.

2. Komposisi warna, warna yang Cerah (terang) serta dan tajam (batas warna satu dengan yang lain) akan menjadikan ikan tersebut “eye catching”, hal ini mengundang mata kita untuk melihat dan melihat nya kembali.

3. Gerakan atau gaya renang ikan, gaya renang yang elegan turut mendukung tampilan ikan koi. Hal tersebut akan terlihat jelas apa bila mencapai ukuran sedang dan besar.

4. Usia dan size ikan, apa bila kita meminati Ikan koi yang berumur satu tahun, ukuran relatif cukup besar dan diatas rata-rata merupakan pilihan (jumbo tosai) ukuran jenis ini banyak diminati para pemelihara/pencinta ikan koi (favorit), makin besar makin bernilai tinggi tentunya.

Ketika jenis (varietas), kualitas, serta ukuran ikan koi telah dipilih, maka penerapan Koi Pond atau kolam Koi juga sangat menentukan. Ukuran kolam koi berbeda – beda disesuaikan dengan kondisi luas area di mana kolam koi ini akan ditempatkan sesuai dengan bentuk dan estetika tentunya.

Koi Pond ukuran “Medium” umumnya digemari hobiis koi. Sebagai contoh dengan luas area halaman taman sekitar 8m x 10m, Luas Koi Pond berukuran 3,5m x 3,5 persegi dengan kedalaman air 1,5 meter, dibangun sebagai pelengkap halaman rumah dan taman akan menjadikan komposisi estetika nan apik. Berbagai fasilitas pun diaplikasikan sebagai rangkaian pendukung kolam ikan koi yang diminati sesuai desain, fungsi, dan rasa aman bagi pemeliharanya.

Di antaranya panel automatic atau pengaturan otomatis, panel otomatis ini diaplikasikan untuk kebutuhan back wash kolam koi (pembuangan air serta pengisian kembali) guna mencapai kualitas air yang baik serta pertumbuhan ikan koi dalam pemeliharaannya, feeding koi food (pemberian pakan ikan secara otomatis) agar tidak berlebihan disesuaikan dengan kebutuhan pakan ikan koi yang dipelihara, pemusatan aliran listrik pada kolam ikan koi agar mencegah konsleting ( short cut ) hal ini sering dalami para hobiis hingga berakibat fatal pada ikan koi kesayangannya.

Banyak yang bertanya di antara kita, apakah memelihara ikan Koi membawa Hoki dalam kehidupan karir dan rumah tangga? Jawabannya benar. Karena perihal tentang penempatan Koi Pond atau kolam Koi telah diyakini dari jaman dahulu kala. Pada zaman kerajaan China dahulu kala, ikan Koi telah dipelihara dalam kerajaan untuk meningkatkan “chi” keberuntungan serta keabadian ,hal ini berkaitan dengan umur/ usia ikan koi ini bias dikatakan berumur relatif panjang.

Dua hal yang membawa keberuntungan ketika memelihara ikan Koi, yakni penempatan kolam yang berisi air dan corak warna tubuh ikan Koi diyakini membawa keberuntungan “hoki” kepada si pemilik, penghuni rumah/kantor, atau pun dimana kolam ikan koi ini dibangun/ditempatkan.

Hanya saja kolam ikan yang dibangun seyogyanya disesuaikan menurut aturan fengshui, serta kedalaman kolam yang digali semestinya melebihi permukaan kolam yang berada diatas permukaan tanah, seperti yang terlihat dalam foto.

Jumlah ikan Koi yang dipelihara dalam kolam umumnya delapan sampai dengan Sembilan ekor, dimana mengandung unsur-unsur pelambangan seperti, Delapan diartikan kaya ( kemakmuran ), sedangkan Sembilan mengandung arti forever ( selamanya). Unsur Air meningkatkan Chi atau energi positif dalam gedung yang ditempati, serta melambangan sumber kehidupan yang selalu dibutuhkan oleh manusia dan mahluk hidup lainnya.

Adapun posisi terbaik penempatan kolam Koi berada pada kutub Barat Daya, yakni 232,5° - 247,5° dan kutub Barat, yakni 247,5° - 262,5°. Posisi kutub Barat Laut dan Barat mengaktifkan kutub Logam atau Emas.

Emas menghasilkan energy positif untuk Air. Posisi terbaik meningkatkan karir dan rumah tangga yang harmonis. 2011 Happy Cuan 888.

*) The Steven Eric Lazuardi, konsultan Hokiplus

 

FORM KONSULTASI

 Tahun
Jenis Kelamin Pria Wanita

Incorrect please try again

ReLoad

Editor :
Robert Adhi Kusumaputra