Rumah Gaya Amerika "Nyasar" di Indonesia
Rabu, 16 Maret 2011 | 16:43 WIB
|
Share:
Richard Salampessy/iDEA
Rumah Gaya Amerika "Nyasar" di Indonesia

KOMPAS.com - Saat melihat foto ini, tak akan heran jika Anda teringat pada rumah-rumah bergaya Amerika atau Eropa. Memang inspirasinya dari sana. Model rumah seperti yang Anda lihat di foto ini, bergaya Victorian , banyak ditemui di Amerika. Ciri khasnya adalah loteng dan jendela teluk (bay window ). Material yang digunakan biasanya kayu, tapi tak jarang juga yang sekarang membuatnya dengan dindin bata, kemudian melapisinya dengan kayu. Tertarik?

Rumah seperti ini memang tampaknya klasik dan nyaman sekali. Mereka yang menyukai gaya oldies atau jadul, rasanya tepat memilih rumah bergaya seperti ini. Bayangkan duduk di teras panggungnya, dengan kursi goyang, koran, pipa, ditemani pula dengan secangkir teh hangat. Sempurna!

Teras di rumah yang Anda lihat ini juga berteras panggung dengan pagar jalusi, dari kayu. Ya, seluruh rumah ini memang berlapis kayu. Makin kental terasa, kan , ala Amerikanya?

Meskipun terkesan kebarat-baratan, tak ada salahnya, kok, mengadaptasi gaya Barat ke negeri kita. Malah, dengan demikian makin terbuka celah kita untuk "bermain-main" dengan gaya. Misalnya, rumah boleh bergaya Victorian , tapi perabot dan aksesorinya asli lokal, dong . Anda boleh menempatkan lonceng sapi, misalnya, di pintu depan. Boleh juga jadikan lampu bergaya lampu andong, sebagai penerang eksterior.

Banyak cara memadukan timur dan barat. Tidak perlu memilih salah satunya. Makin bervariasi, makin tertantanglah kita untuk memadukannya. Anda juga mau punya rumah bergaya Victorian Amerika? Boleh saja!  (Annisa Q. Aini/iDEA)

Sumber :
iDEA
Editor :
Robert Adhi Kusumaputra