Minggu, 21 Desember 2014
Green Building
Tanaman Indoor Mampu Reduksi Polutan Ruang Kerja
Penulis : Natalia Ririh | Jumat, 25 Februari 2011 | 17:37 WIB
|
Share:

JAKARTA, KOMPAS.com - Tingkat polusi dalam ruangan kerja menjadi salah satu penyebab building related  illness atau penyakit permanen yang muncul karena gedung tidak sehat. Untuk mengurangi tingkat polusi dalam ruang kerja, tanaman indoor bisa menjadi solusi.

Menurut Yanu Aryani dari Green Building Council Indonesia, dari berbagai penelitian tanaman indoor dapat  mengurangi tingkat polutan dalam ruangan kerja.

"Ada penelitian yang menyatakan dengan tanaman dalam ruangan  dapat mengurangi tingkat stres karyawan. Tanaman dapat membantu menghadirkan udara segar dalam ruangan karena setiap harinya karyawan menghirup bermacam-macam polutan yang berasal dari karpet, cetakan kertas, tinta, dan lainnya," katanya dalam seminar Sick Building Syndrome: Is Your Office Killing You? di Jakarta, Kamis.

Yanu memaparkan Tanaman memiliki efek mereduksi polutan dalam ruangan yang lebih baik dari efek-efek lain untuk menghadirkan kualitas udara bersih, seperti memasang exhaust. Namun, kata Yanu tak sembarang tanaman bisa untuk mereduksi polutan dalam ruangan. Tanaman yang masuk dalam tanaman indoor memiliki proses fotosintesa yang tidak sama seperti tanaman pada umumnya.

"Sebuah penelitian menyebutkan ada 12 tanaman indoor yang memiliki dampak positif dalam ruangan. Dari 12 tanaman tersebut, 10 diantaranya ada di Indonesia seperti tanaman sansievera dan palem  bambu," ujarnya.

Ignesjz Kemalawarta, Director Membership Green Building Council Indonesia, mengatakan potensi tanaman indoor yang  baik untuk kesehatan ruang bisa didorong menjadi sebuah peluang baru. (Natalia Ririh)



Editor :
Robert Adhi Kusumaputra