Selasa, 25 November 2014
Mengenal Letak dan Fungsi Teras
Kamis, 18 November 2010 | 21:58 WIB
|
Share:
iDEA/ Dean Martin Saerang
Mengenal Letak dan Fungsi Teras. Lokasi: Rumah Mia H., Cilandak, Jakarta Selatan
TERKAIT:

KOMPAS.com - Teras tak hanya di depan. Pun tak cuma berfungsi sebagai ruang tunggu tamu. Kenali lebih dekat, letak dan fungsi teras. 

Ruang peralihan dari ruang luar menuju ruang dalam atau sebaliknya, yang dinaungi atap, dengan satu atau dua dinding. Area inilah yang lazim kita kenal dengan sebutan teras. Letaknya bisa di depan, di samping atau di belakang rumah. Fungsinya beragam, tergantung dimana posisi teras berada.

Teras depan berfungsi sebagai ruang penerima tamu atau area tunggu sebelum tamu dipersilakan masuk. Teras samping bisa menjadi tempat untuk bersantai. Teras belakang, karena posisinya yang lebih tertutup, bisa menjadi ruang makan, tempat melakukan aktivitas hobi dan kumpul keluarga. Teras juga berfungsi sebagai jalur sirkulasi udara dan area memasukkan cahaya ke dalam rumah.

Rumah berlahan terbatas umumnya memang hanya memiliki teras depan. Teras samping biasa ditemukan pada rumah-rumah yang kebetulan berada di lahan hoek. Sedangkan rumah-rumah berlahan besar bisa memiliki tiga teras sekaligus, depan, samping, dan belakang.

Atas alasan beragam fungsi dan letak teras ini, sebelum membangun teras, perhatikan kira-kira dimana teras ditempatkan. Teras depan, karena menjadi bagian dari fasad, sebaiknya memiliki karakter yang senafas dengan bangunan. Teras samping dan belakang bisa lebih mengutamakan fungsi dan kenyamanan. Meski begitu, semua teras sebaiknya dibangun dengan konsep yang jelas sesuai fungsi yang ada padanya. (Dewi Kartini/iDEA) 

Sumber :
iDEA
Editor :
R Adhi KSP