Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bunga KPR BRI Rendah, Peminat Rumah di Surabaya Melonjak

Kompas.com - 18/08/2010, 08:07 WIB

SURABAYA, KOMPAS.com - Kalangan perbankan di Indonesia memanjakan pasar properti dengan memberikan suku bunga Kredit Pemilikan Rumah/KPR murah seiring upayanya mendukung program pemerintah menyediakan hunian bagi masyarakatnya.

Kepala Cabang Bank BRI Surabaya, Heru Sukanto di Surabaya Senin mengatakan, produk bunga murah dari BRI cukup banyak diminati masyarakat terutama untuk properti yang harga jualnya sekitar Rp 200 juta hingga Rp 400 juta per unit.

"Mendekati akhir tahun biasanya pasar mulai menunjukkan peningkatan minat membeli produk properti,"katanya.

Menurut dia, paket bunga murah yang ditawarkan pada tahun pertama hanya 7,5 persen dan tenor maksimal 10 tahun. Sampai Juni 2010, realisasi penyaluran KPR di Surabaya Rp370 miliar.

Kalau target tahun ini Rp668 miliar. Untuk mempercepat penyalurannya, ia menjalin kerja sama dengan sejumlah pengembang dan "bundling" berupa Kredit Kendaraan Bermotor (KKB). "Mengenai realisasi kredit bermotor antara Januari 2010 hingga Juni 2010 mencapai Rp21 miliar," ujarnya.

Soal target selama tahun 2010, ia mengaku, mencapai Rp75 miliar. Di sisi lain, penerapan suku bunga untuk program tersebut diberlakukan lebih murah dibandingkan "leasing"  

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com