Sabtu, 1 November 2014
Saham Carrefour Dibeli Trans Corp
Penulis : Stefanus Osa Triyatna | Sabtu, 17 April 2010 | 07:19 WIB
|
Share:
Harian Kompas/Lasti Kurnia
Konsumen seusai berbelanja di gerai Carrefour dengan tampilan interior baru di Permata Hijau, Jakarta, Jumat (16/4). Trans Corp membeli 40 persen saham PT Carrefour Indonesia dan menjadi pemegang saham tunggal terbesar selain Carrefour SA (39 persen), Carrefour Netherland B V (9,5 persen), dan Onesia B V (11,5 persen).
TERKAIT:

JAKARTA, KOMPAS.com - Trans Corp melalui anak perusahaannya, PT Trans Retail, mengakuisisi 40 persen saham PT Carrefour Indonesia. Strategi akuisisi itu dilakukan di tengah persoalan hukum yang hingga kini masih membelit Carrefour karena diduga melakukan praktik monopoli.

Presiden Komisaris Trans Corp Chairul Tanjung dalam jumpa pers seusai Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS) Carrefour Indonesia di Jakarta, Jumat (16/4), menegaskan, ”Akuisisi ini merupakan momentum yang patut disyukuri. Peristiwa ini menjadi kebanggaan nasional karena sebuah perusahaan nasional mengakuisisi perusahaan multinasional.”

Akuisisi ini merupakan kelanjutan setelah penandatanganan Kesepakatan Sales and Purchase and Joint Venture pada 12 Maret 2010 di Paris, Perancis. Pihak Carrefour dilakukan oleh CEO Carrefour Group Lars Olofsson. Dengan mengakuisisi sebesar 40 persen, Trans Corp menjadi pemegang tunggal saham terbesar dalam bisnis ritel ini. Pemegang sahama lainya adalah Carrefour SA (39 persen), Carrefour Nederland BV (9,5 persen), dan Onesia BV (11,5 persen).

”Nilai saham 40 persen itu diperkirakan di atas 300 juta dollar AS atau sekitar Rp 3 triliun. Sumber dana diperoleh dari hasil pinjaman konsorsium bank asing, yaitu Credit Suisse, City Bank, JP Morgan, dan ING dengan total pinjaman 350 juta dollar AS,” kata Chairul, yang tidak secara detail menyebutkan modal mengakuisisi Carrefour.

Menurut Chairul, pihaknya juga mendapatkan hak untuk menempatkan empat komisaris dan dua direktur. Chairul Tanjung akan menjabat Presiden Komisaris Carrefour Indonesia didampingi Jenderal (Purn) AM Hendropriyono dan mantan Kepala Polri S Bimantoro sebagai komisaris. Sementara calon lainnya belum diputuskan.

Sebagai pemilik, Trans Corp juga meminta untuk memastikan bahan pokok bisa dijual dengan harga terbaik demi membantu masyarakat. Bahan pokok juga merupakan pengontrol inflasi. Pedagang kecil juga dijanjikan diberikan fasilitas berdagang yang disebut pojok rakyat.

”Tentunya, mereka juga tetap harus memenuhi standar kualitas yang dibutuhkan konsumen,” ujar Chairul.

Presiden Direktur Carrefour Indonesia Shafie Shamsuddin memandang akuisisi ini sebagai peristiwa bersejarah. Ini merupakan bentuk komitmen untuk terus berinvestasi di Indonesia.

”Tahun 2010, kami merencanakan membuka 13 gerai di seluruh Indonesia. Tahun 2011 dan 2012 kami sedang mencari berbagai informasi untuk melakukan ekspansi,” kata Shafie.

Dia menyebut akuisisi ini sebagai bentuk kemitraan yang sangat positif. Trans Corp menjadi pilihan karena pihaknya ingin melihat values dan memiliki tata kelola yang baik. Apalagi, Trans Corp memiliki jaringan yang cukup kuat di bidang financial banking, properti, dan sebagainya.

AM Hendropriyono, Komisaris Trans Corp, menyebutkan, akuisisi ini sebagai titik balik. Kalau semula Indonesia berharap investor asing masuk, kini justru perusahaan nasional yang bangkit untuk masuk menjadi investor di negerinya sendiri.

Kasus monopoli
Chairul mengakui, akuisisi ini berlangsung saat Carrefour sedang menghadapi masalah monopoli yang dituduhkan Komisi Pengawas Persaingan Usaha (KPPU). Carrefour sudah memenangi kasus ini di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan.

Namun, KPPU mengajukan kasasi ke Mahkamah Agung. Pihak Trans Corp akan menunggu putusan hukum tersebut, tetapi sekaligus akan menemui KPPU untuk membahas posisi Carrefour Indonesia saat ini. (Stefanus Osa Triyatna/KOMPAS Cetak )

Akuisisi ini merupakan momentum yang patut disyukuri. Peristiwa ini menjadi kebanggaan nasional karena sebuah perusahaan nasional mengakuisisi perusahaan multinasional.
-- Chairul Tanjung


Editor :
ksp