Jumat, 28 November 2014
Daur Ulang Kertas Itu Gampang
Selasa, 26 Mei 2009 | 18:40 WIB
|
Share:
KOMPAS/LASTI KURNIA
Pelajar SMAN 12 Klender, Jakarta Timur, kemarin, menyelesaikan beragam kerajinan yang dibuat dari bahan-bahan daur ulang untuk persiapan Expo Daur Ulang di sekolah mereka. Diikuti sejumlah siswa SMP dan SMA, Expo Daur Ulang yang dibuka Sabtu (21/2) ini untuk umum akan diramaikan demo pembuatan kerajinan daur ulang, kertas daur ulang, dan membuat kompos.
TERKAIT:

JAKARTA, KOMPAS.com - Dengan alat sederhana yang ada di rumah, kita dapat memanfatkan kembali kertas yang tidak terpakai. Hasilnya mungkin tidak berupa kertas yang mulus licin untuk ditulisi. Kita dapat menggunakan kertas ini sebagai bahan kerajinan tangan. Yang penting, dengan membuat kertas sendin, sampah kertas dapat kita kurangi.

1. Robek-robek kertas dalam ukuran kecil. Rendam dalam seember air selama semalaman.

2. Ambil sekitar 1,5 gelas kertas renclaman, masukkan ke dalam blender. Tambahkan 2 gelas air dan hancurkan sampai merata.

3. Tuang larutan halus tadi ke dalam baskom lebar. Saring menggunakan saringan kasa berbingkai,
sehingga selapis tipis kertas berada di permukaannya.

4. Tempelkan lapisan kertas yang baru ini ke permukaan  keras yang rata, misalnya papan kayu. Lepaskan dari saringan kasa.

5. Serap permukaan kertas yang baru dengan kain untuk mengtilangkan kelebihan air. Jemur hingga betulbetul kering di terik matahari,

6. Saat kertas baru sudah kering, lepaskan perlahann dari permukaan papan. Agar kertas memiliki motif yang cantik, tambahkan daun-daunan atau bahan lain pada saat penyaringan. Dengan begitu, bahan tambahan in akan ikut menyatu bersama bahan kertasnya. (FRANSISCA WUNGU PRASASTI/Tabloid Rumah)

Sumber :
Tabloid Rumah