Minggu, 20 April 2014
Usir Semut Tanpa Bahan Kimia
Jumat, 6 Februari 2009 | 13:26 WIB
|
Share:
Courtesy of USDA
Membasmi serangga dengan bahan alami, biasanya lebih disukai. Selain lebih hemat, juga lebih sehat.
TERKAIT:

SELAIN nyamun dan lalat, semut termasuk serangga yang sering kali mengganggu. Keberadaannya membuat makanan tidak aman. Meja makan dan lemari penyimpanan makanan sering menjadi sasaran serangga penyuka gula ini.

Menggunakan cairan kimia atau kapur pembasmi semut memang cenderung cepat menuntaskan masalah. Namun, muncul kekhawatiran, jika bahan-bahan kimia tersebut tercampur ke dalam makanan, manusia bakal keracunan.

Untuk menghilangkan kekhawatiran tersebut, mari basmi semut dengan bahan-bahan alami. Caranya sebagai berikut:

Garam

Garam merupakan salah satu bumbu dapur yang multimanfaat. Selain untuk melezatkan masakan, garam juga bisa untuk mengusir semut. Caranya mudah, taburkan saja garam di sudut-sudut lemari penyimpanan makanan di dapur atau taburkan juga di sekitar area yang sering didatangi semut.

Bubuk Vanila

Bubuk vanila biasa digunakan untuk membuat kue. Ia bisa juga untuk mengusir semut. Caranya hampir serupa dengan garam. Taburkan bubuk vanila di sudut-sudut lemari makanan atau area lainnya di dapur. Selain mengusir semut, bubuk vanila juga membuat lemari menjadi harum.

Tembakau

Semut-semut pada tanaman buah sama menyebalkannya dengan semut-semut di dapur. Untuk mengusirnya, tak perlu menggunakan cairan pembasmi hama. Cukup dengan tembakau dan air. Siapkan tembakau secukupnya, kemudian campur dengan air. Remas-remas tembakau hingga air berwarna kecokelatan. Kemudian siramkan ke batang tanaman. Dengan cara ini, semut pun enggan datang.


Anissa

Sumber :
iDEA